ANALISIS PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK – PRODUK KOPERASI MELEKO BANGKIT

DENDA, GINA SAFITRI (2024) ANALISIS PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK – PRODUK KOPERASI MELEKO BANGKIT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN_merged.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Similarity Check)
Turnitin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (813kB) | Request a copy
[img] Text
COVER-BAB III..pdf

Download (3MB)

Abstract

Koperasi Meleko Bangkit merupakan salah satu kelompok koperasi pemberdayaan perempuan yang menghasilkan beberapa produk seperti anyaman dan kopi yang bertempat di Dusun Dasan Tengak Desa Sama Guna Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara. Adapun hasil andalan perkebunan yang paling menonjol yaitu kelapa, jambu mente, kakao, kopi dan buah-buahan. Oleh sebab itu koperasi Meleko Bangkit berinovasi untuk menjual kopi bubuk serta memanfaatkan hasil bambu agar bernilai lebih yang diinovasikan menjadi tas dan dompet. Akan tetapi memiliki kendala dalam pemasaran melalui media sosial yang dimana akun pemasarannya belum optimal hal ini yang menyebabkan kurang dilirik oleh masyarakat luas. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis promosi melalui media sosial terhadap keputusan pembelian pada produk – produk koperasi meleko bangkit. Menurut Sugianto dan Putri (2016), menuturkan bahwa media sosial menjadi media yang paling ampuh untuk dijadikan media promosi, bahkan media sosial juga digunakan sebagai alat pemasaran yang interaktif, pelayanan, dan membangun hubungan dengan pelanggan dan calon pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer yang berupa hasil wawancara dengan 5 informan, data sekunder yang berupa literature, yang selanjutnya di reduksi data sampai dengan penarikan kesimpulan. Setelah melakukan analisis maka penulis dapat mengambil kesimpulan dari penelitian ini yaitu Promosi melalui media sosial yang dilakukan oleh koperasi meleko bangkit berperan penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian yang dipengaruhi oleh informasi melalui berdasarkan hasil wawancara dengan informan, konsumen mengetahui produk meleko bangkit dari media sosial (instagram, facebook dan whatsapp). Selama menganalisa terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk-produk koprasi meleko bangkit meliputi: lokasi penjual yang strategis, pelayanan yang baik, iklan dan promosi, serta penggolongan barang.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSELVA, SELVAnidn0811118601
Thesis advisorHANDOYO, WIRASTOMOnidn0813048303
Uncontrolled Keywords: Promosi, Media Sosial, Keputusan Pembelian
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 380 Commerce, Komunikasi & Transportasi
300 Ilmu Sosial > 381 Perdagangan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Dende Gina Safitri
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:46
Last Modified: 21 Mar 2024 04:46
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8855

Actions (login required)

View Item View Item