استخدام وسيلة جدار الكلمات لإتقان المفردات لدى الطلاب في تعليم اللغة العربية بالمدرسة الثانوية الإسلامية الرئيسية سكربيلا ماترام العام الدراسي 2019/2020

ONEP, PURLAELAWATI (2020) استخدام وسيلة جدار الكلمات لإتقان المفردات لدى الطلاب في تعليم اللغة العربية بالمدرسة الثانوية الإسلامية الرئيسية سكربيلا ماترام العام الدراسي 2019/2020. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI-LAMPIRAN.pdf

Download (746kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan menggunakan media word wall dan pelaksanaan yang tidak menggunakan media word wall tersebut. Selain itu untuk mengetahui perbedaan signifikan antara kelas eksperimen (kelompok yang menggunakan media word wall), dengan kelompok control (kelompom yang tidak menggunakan media word wall). Uji instrument menggunakan uji validitas dan reabilitas, hasil uji validitas menunjukkan dari 15 butir soal tes seluruhnya terbukti valid dan reliable dengan koofesien reabilitas terbesar yaitu 0,361. Sebelumnya data dianalisis, data harus diuji dengan uji kolmogorov sminorv untuk menguju bahwa data berdistribusi normal dan homogeny. Selanjutnya data di uji dengan uji tes “t” menggunakan independent sampel t test untuk mengetahui perbedaan hasil prettes kelompo eksperimen dan kelompok control dalam pembelajaran mufrodat di madrasyah al raisiyah sekarbela mataram tahun pelajaran 2019/2020. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa thitung (27,6) lebih besar dari ttabel (2,048) dengan nilai signifikan adalah 0,00 kurang dari 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara penguasaan mufrodat kelompok eksperimen dan kelompok control. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran mufrodat dengan media word wall dapat meningkatkan hasil penguasaan mufrodat siswa kelas X madrasyah aliyah al-raisiyah sekarbela mataram tahun pelajaran 2019/2020 dan ada perbedaan yang signifikan anatara kelompok eksperimen dan kelompok control. Terdapat hasil prettest dan posttet kelompok eksperimen dan kelompok control beserta selisih dari keduanya. Nilai rata-rata dari kelompok eksperimen yaitu prettesr 41 dan posttest 71 dan nilai rata-rata dari kelompok control yaitu, 55 dan posttest 57 untuk nilai selisihnya yaitu kelompok eksperimen 30 dan kelompok control 2. Dari hasil selisih tersebut terbukti bahwa nilai kelompok eksperimen lebih besar dari pada nilai kelompok control sehingga pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan media word wall dalam meningkatkan penguasaan mufrodat lebih efektif di bandingkan dengan tanpa media word wall. Kata kunci : Media Pembelajaran, Word Wall, Mufrodat.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerHUSNAN, HUSNAN0807048002
ReviewerAHMAD HELWANI, SYAFI'I0801127803
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Word Wall, Mufrodat.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Bahaudin Bahaudin
Date Deposited: 09 Sep 2020 02:04
Last Modified: 09 Sep 2020 02:04
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1154

Actions (login required)

View Item View Item