WIDI, MULYANI (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA MATERI PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 38 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
|
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis kevalidan Perangkat Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Materi Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 38 Mataram. (2) Menganalisis kepraktisan Perangkat Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Materi Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 38. Mataram. (3) Menganalisis keefektifan Perangkat Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Materi Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 38 Mataram. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D dengan empat tahapan yaitu; 1) Define (pendefinisian), 2) Design (perancangan), 3) Development (pengembangan), dan 4) Dissemination (penyebaran). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis contextual teaching learning ini telah menghasilkan produk yang telah dinyatakan valid oleh ahli materi, ahli perangkat dan praktisi pembelajaran. Hasil kevalidan yang didapat dari ahli materi dengan persentase 88% atau dapat dikategorikan sangat valid, kevalidan yang didapatkan dari ahli perangkat pembelajaran yaitu, RPP dengan persentase 85% atau dapat dikategorikan sangat valid, LKS dengan persentase 82% atau dapat dikategorikan valid, dan Instrumen Penilaian dengan persentase 82% atau dapat dikategorikan valid. Sedangkan berdasarkan uji kepraktisan yang diperoleh dari hasil respon siswa Kelas IVA SDN 38 Mataram mendapatkan nilai persentase 96% dengan kriteris skor sangat praktis. Hasil analisis data keefektifan adalah dengan rata-rata nilai pretest 42, 65% dan rata-rata nilai posttest 93,33% yang menunjukkan bahwa ada peningkatan setelah menggunakan Perangkat Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching Learning. Hasil N-Gain skor dengan rata-rata nilai 0,889% dalam kriterial tinggi, dan N-Gain Score Persen dengan rata-rata nilai 88,89 % dalam kategoti efektif.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Perangkat Pembelajaran, Contextual Teaching Learning, Hasil Belajar Siswa. | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Widi Mulyani | |||||||||
Date Deposited: | 29 Aug 2022 01:19 | |||||||||
Last Modified: | 29 Aug 2022 01:19 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5250 |
Actions (login required)
View Item |