PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK CITA-CITA PORTABEL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TEMA 6 KELAS IV SDN 3 BATU KUMBUNG

PUTRI, AYU LESTARININGSIH (2021) PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK CITA-CITA PORTABEL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TEMA 6 KELAS IV SDN 3 BATU KUMBUNG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (9MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V -LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
49% PENGEMBANGAN_MEDIA_KOTAK_CITA_CITA_PORTABEL_UNTUK_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan Media Kotak Cita-Cita Portabel Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Tema 6 Kelas IV SDN 3 Batu Kumbung yang Valid, Praktis dan Efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research & Development) dan menggunakan Model Pengembangan Borg and Gall yaitu (1) Penelitian dan pengumpulan data (Research and information collecting), (2) Perencanaan (Planning), (3) Pengembangan draft prodauk (Develop preliminary form of product), (4) Uji coba lapangan awal (Preliminary field testing), (5) Merevisi hasil uji coba (Main product revision), (6) Uji coba lapangan utama (Main field testing), (7) Penyempurnaan produk hasil uji lapangan (Operasional product revision), (8) Uji pelaksanaan lapangan operasional (Operasional field testing), (9) Penyempurnaan produk akhir (Final product revision). Pada Penelitian Pengembangan ini tidak sampai pada tahap Diseminasi dan Implementasi (Disesemination and implemention), karna dilakukan hanya pada satu sekolah saja yaitu SDN 3 Batu Kumbung. Pada penelitian pengembangan ini uji lapangan utama dilaksanakan di kelas V dan tahap uji lapangan empiris dilaksanakan di kelas IV SDN 3 Batu Kumbung sebagai uji kepraktisan dan keefektifan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan media pembelajaran diperoleh skor rata-rata dari 2 validator ahli dan 3 praktisi yaitu 94,58% (sangat valid). Untuk angket respon peserta didik uji coba lapangan diperoleh nilai rata-rata 93,75% (Sangat Praktis). Kefektifan Lembar Kerja Siswa dilihat dari angket motivasi belajar siswa yang diberikan kepada siswa uji lapangan yaitu kelas IV SDN 3 Batu Kumbung diperoleh nilai rata-rata presentase N-gain 0,79 pada kriteria tinggi.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNANANG, RAHMANnidn0824038702
Thesis advisorNURSINA, SARInidn08250591102
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Kotak Cita-Cita, Motivasi Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: PUTRI AYU LESTARININGSIH
Date Deposited: 22 Sep 2021 08:57
Last Modified: 23 Sep 2021 07:55
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3539

Actions (login required)

View Item View Item