PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TANGGA BERHITUNG PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

ELMY, ADEKAYATRI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TANGGA BERHITUNG PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
cover-bab-iii_OK.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
Bab-iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V- LAMPIRAN)
Bab-V-Lampiran.pdf

Download (4MB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
42% PENGEMBANGAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_TANGGA_BERHITUNG_P.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan media tangga berhitung merupakan media yang cocok untuk meningkatkan keaktifan siswa karena penyajiannya konkret dan menghindari verbalisme, sehingga siswa akan aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini termaksud penelitian pengembangan (Development research) media pembelajaran tangga berhitung yang dari Borg and Gall dengan instrument pengumpulan data yaitu lembar observasi, lembar angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis data untuk ahli validasi media dan materi, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan media. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Media tangga berhitung yang dikembangkan, diperoleh data dari 2 validator ahli media dengan persentase 90,38% dan 2 validator ahli materi dengan persentase 92,5% pada kategori sangat valid, (2) Hasil angket respon siswa diperoleh data persentase dari respon siswa uji lapangan di kelas I SDN 1 Tepas, dengan persentase 87,75% pada kategori sangat praktis. Selain itu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan diperoleh data yaitu 93,75% pada kategori sangat terlaksana. Dengan demikian media tangga berhitung yang dikembangkan Praktis (3) Keefektifan media tangga berhitung dilihat dari hasil siswa mengerjakan soal tes dan diperoleh data hasil uji lapangan di kelas I SDN 1 Tepas, dengan persetase rata-rata nilai siswa 75% pada kategori Efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorABDILLAH, ABDILLAHnidn0824048301
Thesis advisorSINTAYANA, MUHARDINInidn0810018901
Uncontrolled Keywords: Media Tangga berhitung, Hasil Belajar
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Murni > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Elmy Ade Kayatri
Date Deposited: 01 Sep 2021 02:37
Last Modified: 01 Sep 2021 02:37
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2793

Actions (login required)

View Item View Item