YUNUS, YUNUS (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 43 AMPENAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text (COVER-BAB III)
cover-3 fiks.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB IV)
bab 4 PDF FIKS.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V-LAMPIRAN)
bab 5 pdf fiks.pdf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis lingkungan melalui pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V di SDN 43 Ampenan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Metode pengumpulan data dalam peneltian ini yaitu tes dan observasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa, “Pembelajaran berbasis lingkungan melalui pendekatan saintifik efektif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V di SDN 43 Ampenan”. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang dilakukan peneliti berdasarkan dar hasil perbandingan thitung dengan ttabel yaitu 2,376 > 1,689 dengan taraf signifikan 5%, yang menyebabkan Ha ditolak dan Hi di terima.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berbasis Lingkungan, Pendekatan Saintifik, dan Kemampuan Berpikir Kritis | |||||||||
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 107 Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan 300 Ilmu Sosial > 375 Kurikulum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) | |||||||||
Depositing User: | YUNUS YUNUS | |||||||||
Date Deposited: | 18 Mar 2021 07:30 | |||||||||
Last Modified: | 18 Mar 2021 07:30 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2151 |
Actions (login required)
View Item |