ANALISA KEPUASAN DAN TINGKAT PELAYANAN FASILITAS PELABUHAN POTO TANO, SUMBAWA BARAT

NILA, ANGGIA DIMASTA (2020) ANALISA KEPUASAN DAN TINGKAT PELAYANAN FASILITAS PELABUHAN POTO TANO, SUMBAWA BARAT. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM" not defined].

[img] Text
cover-bab III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab V-lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pelabuhan Poto Tano merupakan gerbang bagi pendatang yang akan berkunjung ke pulau Sumbawa, Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pelabuhan Poto Tano memiliki peran penting dan strategis untuk pertumbuhan industri dan perdagangan serta merupakan segmen usaha yang dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan nasional.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan dan tingkat pelayanan fasilitas pelabuhan Poto Tano dengan memperhatikan 6 (enam) dimensi pelayanan yaitu keselamatan, keamanan, kehandalan/keteraturan, kenyamanan, kemudahan/keterjangkauan, dan kesetaraan. Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan survey menggunakan kuesioner untuk mengetahui tingkat kepuasan dan kepentingan pelayanan fasilitas pelabuhan Poto Tano. Metode pengolahan data yang digunakan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna fasilitas pelabuhan yaitu menggunakan metode analisa importance and performance analysis (IPA) dan menganalisis pelayanan dengan metode checklist berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan No 39 tahun 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan penumpang atau pelanggan terhadap kualitas pelayanan fasilitas pelabuhan Poto Tano berdasarkan 6 (enam) dimensi dianggap memuaskan dengan skor tingkat kepuasan yaitu 3,88 dan tingkat kinerja kualitas pelayanan terhadap sarana pelabuhan sudah sesuai kriteria atau berdasarkan standar pelayanan peraturan menteri perhubungan no 39 tahun 2015 dengan prosentase 85% memenuhi kriteria. Kata kunci :Pelabuhan Poto Tano,Tingkat Kepuasan,Tingkat Pelayanan,Importance and performance analysis (IPA), Metode Ceklis

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerISFANARI, ISFANARI0830086701
ReviewerTITIK, WAHYUNINGSIH0819097401
Uncontrolled Keywords: Pelabuhan Poto Tano,Tingkat Kepuasan,Tingkat Pelayanan,Importance and performance analysis (IPA), Metode Ceklis
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 387 Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Bahaudin Bahaudin
Date Deposited: 21 Aug 2020 02:14
Last Modified: 21 Aug 2020 02:14
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/993

Actions (login required)

View Item View Item