KORELASI BAHASA KESEHARIAN SISWA DENGAN MATERI BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL KOSA KATA BAHASA ARAB DI MI AN-NAJAH SESELA GUNUNGSARI LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2019

Wahyu, Kurniawan (2019) KORELASI BAHASA KESEHARIAN SISWA DENGAN MATERI BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL KOSA KATA BAHASA ARAB DI MI AN-NAJAH SESELA GUNUNGSARI LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2019. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Mataram" not defined].

[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bahasa Arab memiliki keunikan tersendiri, mulai dari pemaknaanya hingga susunan hurufnya. Karena pada dasarnya bahasa Arab merupakan bagian dari pada mukjizat yang diturunkan pada Nabi Muhammad berupa Al Quran yang dimana bahasa pengantarnya menggunakan bahasa Arab, Namun sebagian manusia ditakdirkan terlahir ditengah keluarga ‘ajam atau selain Arab, maka tentu dengan lisan yang berbeda akan merasa kesulitan dalam memahami dan mengenal bahasa Arab, perbedaan dari sisi pengucapan, fonologi, morfologi, dan lain sebagainya merupakan tantangan bagi kita sebagai orang Indonesia khususnya dalam mempelajari bahasa Arab. Tetapi dengan adanya aktifitas dakwah dan perdagangan yang dilakukan bangsa Arab dahulu menyebabkan tersebarnya bahasa Arab sehingga banyak dari kosa kata bahasa Arab yang diserap kedalam bahasa Indonesia. Bahasa serapan inilah yang kita harapkan mampu membangun perspektif siswa bahwa sebenarnya bahasa Indonesia memiliki korelasi dengan bahasa Arab, sehingga memudahkan siswa mengenal kosa kata bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang memungkinkan dalam merumuskan hasil dari sampel yang telah ditentukan, sampel diambil dari siswa kelas 5 MI An Najah Sesela dengan menggunakan teknik observasi terstruktur dengan dua macam instrumen yaitu test dan non test. Hasil penelitian berupa data empirik berupa angka angka mentah yang diolah menggunakan rumus product moment pearson sehingga menunjukkan hasil yang signifikan antara variabel X dan Y.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerAqodiah, Aqodiah[email protected]
ReviewerMustapa, AliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Repository Institusi UMMAT
Subjects: 400 Bahasa > 492 Bahasa Lain
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah
Depositing User: Wahyuni Wahyuni
Date Deposited: 28 Nov 2019 06:46
Last Modified: 28 Nov 2019 06:46
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/99

Actions (login required)

View Item View Item