PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA CERITA KELAS IV SDN 15 MATARAM TAHUN 2023

INDRIANI, INDRIANI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA CERITA KELAS IV SDN 15 MATARAM TAHUN 2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER,ABSTRAK,BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan membaca cerita siswa kelas IV SDN 15 Mataram Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian yaitu eksperimen dengan design jenis one-group pretest-posttest design (satu kelompok presttes-posttes)dan jumlah sampel dari penelitian ini adalah keseluruhan kelas IV SDN 15 Mataram yang yaitu 40 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, test pernyataan pengamatan rubrik dan dokumentasi dengan metode analisis data yaitu uji validitas, uji rehabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS 20.00 for windows dengan menggunakan teknik uji Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai t_hitung≥ t_tabel (3.321≥ 2,000), dan nilai sig ≤ 0,05 (0.001 ≤ 0,05). Maka Ho ditolak dan Ha terima. Hal ini menunjukkan, bahwa hipotesis (Ha) yang berbunyi bahwa ada pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan membaca cerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 15 Mataram dinyatakan diterima.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorARPAN, ISLAMI BILALnidn0806068101
Thesis advisorBAIQ, DESI MILANDARInidn0808128901
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Kemampuan Membaca Cerita.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Indriani Indriani
Date Deposited: 26 Sep 2024 08:28
Last Modified: 26 Sep 2024 08:28
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/9881

Actions (login required)

View Item View Item