MANEJEMEN PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM KUEIKULUM MERDEKA DI SMPIT ANAK SHOLEH MATARAM TAHUN AJARAN 2023/2024

ANNA, SAFITRI (2024) MANEJEMEN PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM KUEIKULUM MERDEKA DI SMPIT ANAK SHOLEH MATARAM TAHUN AJARAN 2023/2024. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER,ABSTRAK, BAB I DAN BAB V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Model manejemen perencanaan pembelajaran bahasa arab dalam kurikulum merdeka di SMPIT ANAK SHOLEH MATARAM 2023-2024 . Dan Hambatan dalam manejemen perencanaan pembelajaraan bahasa arab pada kurikulum merdeka di SMPIT ANAK SHOLEH MATARAM. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, melibatkan pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara, dan analisis dokumen. Adapun hasil penelitian menunjukan SMPIT Anak sholeh mataram menerapkan Kurikulum Merdeka dalam proses pembelajaran serta Manajemen di sekolah ini menggunakan Total Quality Management (TQM) yang fokus pada peningkatan kualitas pendidikan melalui partisipasi aktif semua anggota sekolah. Total Quality Manejemen diterapkan dengan prinsip-prinsip seperti kepuasan siswa dan orang tua, keterlibatan total komunitas sekolah, pendekatan berbasis proses, serta komitmen terhadap perbaikan berkelanjutan. perencanaan pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka menggunakan pendekatan fleksibel dan berpusat pada siswa, memungkinkan eksplorasi minat dan bakat siswa. guru mempersiapkan perangkat pembelajaran dengan baik, mencakup profil pelajara Pancasila, capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, modul ajar, program semester, dan program tahunan. Serta hambatan dalam perencanaan pembelajaran Bahasa arab pada kurikulum Merdeka antara lain: Kurangnya pemahaman cara/menurunkan/menerjemahkan Capaian Pembelajaran menjadi tujuan pembelajaran, Dan Kesulitan dalam menentukan model pembelajaran dan asesmen, dan Keterbatasan referensi guru mengenai model pembelajaran, dan Keterbatasan pengetahuan awal dan penguasaan materi dan kontekstual.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNASARUDDIN, NASARUDDINnidn0831127714
Thesis advisorNURJANNAH, NURJANNAHnidn0803128502
Uncontrolled Keywords: Manejemen, perencanaan, pemebelajaran Bahasa arab, kurikulum Merdeka
Subjects: 400 Bahasa > 492 Bahasa Lain
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Anna Safitri
Date Deposited: 17 Sep 2024 05:51
Last Modified: 17 Sep 2024 05:51
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/9866

Actions (login required)

View Item View Item