MUSTALIA, MUSTALIA (2024) PENGGUNAAN BUKU BAHASA ARAB” (MUHAMMAD ALI RAMDHANI)” DI MTS RAUDLATUSSHIBYAN NW BELENCONG LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2023/2024. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER, ABSTRAK, BAB I DAN BAB VI_MUSTALIA_NIM 2020G1A049_PBA.pdf Download (1MB) |
|
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA_MUSTALIA_NIM 2020G1A049_PBA.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (similarity check)
Mustalia 2.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penggunaan buku bahasa arab di MTs Raudlatusshibyan NW Belencong dan Peran buku bahasa arab di MTs Raudlatusshibyan NW Belencong Lombok Barat tahun ajaran 2023/2024. Penelitiam ini menggunakan kualitatif dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. adapun hasil penelitian ini adalah: 1)Proses Penggunaan buku bahasa arab terdiri dari 3 tahapan yaitu: Kegiatan Awal: Membaca do'a, Menyuruh siswa untuk membaca mufrodat terkait dengan materi yang dipelajari,Menyuruh satu persatu siswa untuk maju kedepan kelas menghafal mufrodat yang sudah dibaca, Kegiatan Inti:Guru bahasa arab membacakan teks wacana atau teks percakapan dalam bahasa arab yang di dengarkan dan diikuti oleh siwa,Siswa memperhatikan dan mengajukan pertanyaan dari materi yang belum dipahami dan kurang jelas,Guru bahasa arab menyuruh siswa untuk mencari mafrodat dalam bahasa arab yang belum dipahami, Guru bahasa arab menyuruh siswa untuk mencari terjemahan dari mufrodat dalam bahasa indonesia, Guru bahasa arab memberikan penilain besar, kurang atau salah dari tugas yang diberikan kepada siswa .Kegiatan Akhir: Guru bahasa mengingatkan kembuli agar siswa dapat mengulang kembali pelajaran yang sudah di pelajari,Guru bahasa arab memberikan tugas untuk mencari mufrodat baru yang sesuai dengan materi selanjutnya, Guru menutup pelajaran dengan do'a 2)Peran buku bahasa arab.Terdiri dari beberapa tahapan yaitu: Buku bahasa Arab membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan bahasa, memperluas pengetahuan, dan memperdalam pemahaman mereka tentang dunia Arab dan Islam, Buku bahasa arab sering kali digunakan untuk memperkenalkan siswa kepada tata bahasa, kosa kata, serta literatur Arab klasik dan modern. Selain itu, buku bahasa Arab juga berfungsi sebagai jembatan untuk memperkenalkan nilai-nilai agama Islam,buku bahasa arab juga menjadi sarana .Ini membantu siswa untuk memiliki pandangan yang lebih luas tentang dunia dan mendorong mereka untuk menghargai keragaman budaya yang ada, Buku bahasa arab juga sebagai alat pendidikan bahasa, sebagai sarana pembentukan karakter, dan sebagai pintu masuk ke dunia pengetahuan yang lebih luas, buku bahasa Arab sebagai komponen penting dalam pendidikan, terutama di MTs Raudlatusshibyan NW Belencong Lombok barat, yang menekankan pembelajaran bahasa dan budaya Arab.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Buku Paket, Proses Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Arab | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 800 Kesusastraan > 807 Pendidikan, penelitian |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Mustalia Mustalia | |||||||||
Date Deposited: | 17 Sep 2024 01:47 | |||||||||
Last Modified: | 17 Sep 2024 01:47 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/9713 |
Actions (login required)
View Item |