KURNIA, ARDIYANSYAH (2020) ANALISIS KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DALAM MELAKUKAN PELAYANAN PUBLIK DI DINAS BADAN KEPEGAWAIAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (BKPP) KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2019. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
1. Cover - BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) | Request a copy |
|
Text
3. BAB V - Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Sumbawa merupakan salah satu badan dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Sumbawa Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pembentukan, Susunan, Kedudukan, Tugas Pokok Dan Fungsi Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Sumbawa yang mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah. Dalam menjalankan salah satu tugasnya yaitu memberikan pelayanan terhadapat perangkat daerah lainnya maupun masyarakat sipil biasa. Pelayanan Publik merupakan pemberian jasa baik oleh pemerintah, pihak swasta atas nama pemerintah ataupun oleh pihak swasta pada sejumlah orang yang mempunyai kebersamaan berpikir, perasaan, harapan, dan tindakan yang benar dan baik berdasarkan nilai-nilai dan norma yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui kinerja pegawai dalam melakukan pelayanan publik, (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat dan mendukung kinerja pegawai dalam pelayanan publik. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Dan menunjukan bahwa (1) Kinerja Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Kabupaten Sumbawa dalam melakukan pelayanan publik sudah efektif. Dilihat dari segi tingkat capaian penanganan terhadan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang melakukan pelayanan serta tingkat kepatuhan dan pemahaman aparatur terhadap kewajiban dan fungsinya yang cukup baik. Namun pegawai yang butuhkan masih terbilang kurang, (2) Efesiensi waktu penangan terhadap pelayanan sudah cukup baik dan sesuai dengan sasaran dan aturan yang berlaku, namun para pegawai masih perlumendapatkan pelatihan atau diklat untuk menambah wawasan, (3) Terdapat faktor – faktor pendukung dan penghambat apartur dalam melakukan pelayanan yaitu sumber daya manusia dikarenaka Pegawai pada Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan yang langsung menangani pelayanan publik sudah cukup baik sesuai dengan tugas dan fungsinya dan adanya komitmen dari pimpinan dan pegawai untuk melakukan pelayanan
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | kinerja, aparatur sipil negara, pelayanan publik | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 320 Ilmu Politik | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Iskandar Iskandar | |||||||||
Date Deposited: | 14 Mar 2020 02:46 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jun 2021 04:34 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/899 |
Actions (login required)
View Item |