AMININA, RISTANTI (2024) ANALISIS PENETAPAN HARGA JUAL DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN BASRENG SIP NGEMIL DI PRAYA LOMBOK TENGAH. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III.pdf Download (652kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (679kB) |
|
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (907kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penetapan harga jual yang dilakukan oleh Sip Ngemil dalam meningkatkan volume penjualan basrengnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penetepan harga jual yang dilakukan oleh Sip Ngemil, dan untuk mengetahui apa saja yang menjadi kekuatan dan kelemahan dari basreng Sip Ngemil di pasaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dan sekunder yang diperoleh dari pihak Sip Ngemil, data primer dalam penelitian ini yaitu data yang diperoleh melalui wawancara langsung dengan owner dan konsumen Sip Ngemil, sedangkan data sekunder dalam penelitian ini yaitu data penjualan yang di dapat dari buku laporan keuangan milik Sip Ngemil. Penelitian ini juga menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan basreng Sip Ngemil.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menetapkan harga jual produknya Sip Ngemil menggunakan dua teknik yaitu menentukan total biaya produksi yang terdiri dari tiga indikator yaitu total biaya bahan baku dan total biayaoperasionaldan gaji karyawan, dan teknik kedua yaitu menentukan target pasar, target pasar Sip Ngemil dibagi menjadi dua yaitu kalangan menengah ke bawah dan kalangan menengah ke atas. Berdasarakan hasil analisis SWOT cita rasa basreng yang ditawarkan oleh Sip Ngemil berbeda dengan basreng lainnya di pasaran, dimana hal ini Sip Ngemil menambhakan ciri khas Lombok ke dalam basrengnya, dan dapat digunakan sebagai lauk saat makan, dari hasil analisis SWOT juga dapat diketahui bahwa Sip Ngemil memiliki keterbatasan dalam proses produksi. Dari hasil penelitian dan pembahasan maka dapat peneliti simpulkan bahwa penetapkan harga jual dalam meningkatkan volume penjualan basrengnya yang dilakukan oleh Sip Ngemil yaitu menggunakan dua cara yang pertama yaitu menentukan biaya pokok produksi dan menentukan target pasar. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu dalam pencatatan dan perhitungan biaya produksi hendaknya menggunakan aplikasi khusus agar mendapatkan hasil perhitungan yang lebih akurat.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Harga Jual, Volume Penjualan, Basreng | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 381 Perdagangan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Aminina Ristanti | |||||||||
Date Deposited: | 05 Mar 2024 04:37 | |||||||||
Last Modified: | 05 Mar 2024 04:37 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8555 |
Actions (login required)
View Item |