NURISNALAILITA, NURISNALAILITA (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMAN 1 LABUAPI PADA MATERI GERAK LURUS BERATURAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (596kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (Similarity Check)
Nurisnalailita fix parafrase.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (873kB) | Request a copy |
Abstract
Di era arusnya informasi dan pesatnya teknologi, Z Generation menuntut para guru untuk mengekplorasi cara-cara belajar dengan tren terkini. Beberapa karakteristik Z Generation cukup berbeda dibandingkan generasi lainnya, misalnya pada pola pikir yang cenderung lebih kritis, lebih kreatif, dan lebih terbuka. Anak-anak di generasi ini juga di anggap lebih mandiri dan suka tantangan. Dengan karakteristik yang berbeda, system belajar yang dapat diterapkan pada anak-anak ini juga menjadi berbeda. Para guru dan tenaga pengajar diharapkan siap mengeksplorasi cara-cara belajar dengan tren terkini, terbuka pada diskusi, dan jauh dari kesan otoriter. Model pembelajaran yang tepat untuk memecahkan masalah tersebut adalah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Melalui model pembelajaran berbasis masalah, siswa terlibat secara langsung selama proses pembelajaran, baik mental maupun fisik untuk memecahkan suatu permasalahan yang diberikan oleh guru. Pada model pembelajaran berbasis masalah juga dapat membelajarkan siswa untuk mengembangkan kemandirian dan percaya diri dalam menyelesaikan masalah dan pengambilan keputusan dalam konteks kehidupan sehari-hari yang kompleks dengan maksud untuk menyusun pengetahuan mereka sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (experimental). Penelitian eksperimen adalah penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan, kondisi yang terkendalikan di maksud adalah adanya hasil dari penelitian dikonversikan ke dalam angka-angka, untuk analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis statistic. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil hipotesis penelitian membuktikan Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh Problem Based Leraning (PBL) terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi pembelajaran fisika khususnya materi GLB, dengan nilai rata-rata kelas eksperimen pada soal post test sebelum sebesar 52,35 dan pada soal Post test sesudah sebesar 80,6 dan nilai rata-rata yang didapatkan pada kelas kontrol pada soal Pre test sebelum sebesar 50,6 dan pre test sesudah sebesar 77,67. Dan nilai thitung sebesar 2,77
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu Sosial > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Nurisnalailita Nurisnalailita | |||||||||
Date Deposited: | 15 Sep 2023 02:09 | |||||||||
Last Modified: | 15 Sep 2023 02:09 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8109 |
Actions (login required)
View Item |