ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS IV DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN BANGUN DATAR TENTANG KELILING BANGUN DATAR DI SDN 1 JAGARAGA

Afdahtul, Janah (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS IV DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN BANGUN DATAR TENTANG KELILING BANGUN DATAR DI SDN 1 JAGARAGA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (936kB)
[img] Text (Similarity Check)
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (959kB) | Request a copy

Abstract

Kesalahan siswa tersebut memerlukan adanya analisis untuk mengetahui kesalahan apa saja yang banyak dilakukan dan mengapa kesalahan tersebut dilakukan siswa, sehingga guru dapat memberikan jenis bantuan kepada siswa. Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui apa saja kesalahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi pengukuran bangun datar tentang keliling bangun datar keliling bangun datar, (2) untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika materi pengukuran bangun datar tentang keliling bangun datar keliling bangun datar, dan (3) untuk mengetahui solusi untuk mengurangi kesulitan siswa kelas IV SD 1 Jagaraga dalam menyelesaikan soal matematika materi pengukuran bangun datar tentang keliling bangun datar keliling bangun datar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data yaitu: metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara dan test soal essay. Analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) kesalahan yang dialami siswa kelas IV dalam menyelesaikan soal matematika materi pengukuran bangun datar tentan keliling bangun datar keliling bangun datar. Soal yang paling banyak dijawab benar adalah pada nomor 1, dimana dari 20 siswa ada 16 (90%) siswa yang menjawab benar. (2) faktor penyebab kesulitan yang dialami siswa terdiri dari tiga faktor penyebab yaitu faktor kesulitan memahami dalam membaca soal, faktor tidak memahami konsep, dan faktor lupa, tidak teliti, dan Tergesa-gesa dalam mengerjakan soal. (3) Upaya guru untuk mengurangi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal essay yaitu memerbanyak latihan soal, menggunakan media pembelajaran yang kreatif dan menerapkan pembelajaran yang mudah dipahami.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorINTAN, DWI HASTUTInidn0823078802
Thesis advisorSINTAYANA, MUHARDINInidn0810018901
Uncontrolled Keywords: Kesalahan Siswa, Dalam Memecahkan Masalah Matematika
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Afdahtul Janah
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:30
Last Modified: 18 Aug 2023 03:30
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7943

Actions (login required)

View Item View Item