FAUZI, IMAM (2023) PERAN GURU PPKn DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH MELALUI PENDEKATAN KETELADANAN KI HADJAR DEWANTARA DAN KH AHMAD DAHLAN (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 SANGGAR) TAHUN PELAJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER - BAB III_NEW.pdf Download (8MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
|
Text
SIMILARITY CEK.pdf Restricted to Repository staff only Download (711kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui peran guru dalam membentuk kedisiplinan siswa melalui pendekatan KI Hadjar Dewantara dan KH Ahmad Dahlan di SMP Negeri 1 Sanggar (2) untuk mengetahui presepsi diri guru PPKn dan Upaya dalam membentuk keteladanan KI Hadjar Dewantara dan KH Ahmad Dahlan di sekolah (3) untuk mengetahui kedisiplinan apa sajakah yang ditiru oleh siswa di sekolah dari guru PPKn melalui pendekatan KI Hadjar Dewantara dan KH Ahmad Dahlan. Penelitian menggunakan metode penelitian Kualitatif jenis Deskriptif karna dapat mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap subjek atau atau objek melalui sampel dan hasil penelitian kemudian diolah dan diambil kesimpulan. Informan penelian yaitu Informan kunci, Informan utama, Informan tambahan. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, Teknik wawancara dan Teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Reduksi data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini (1) Guru Berperan sebagai pengajar tentu mempunyai peran penting dalam dunia pendidikan. Guru sebagai fasilator untuk membina kedisiplinan di sekolah, dimana sekolah sebagai wadah bagi siswa menempuh pendidikan dan guru berperan sebagai pendidik menjadi tokoh, panutan dan identifikasi bagi siswa dan lingkungannya. (2) Presepsi diri guru PPKn dalam membentuk keteladanan tokoh dapat menjadikan contoh bagi anak untuk bisa meniru dan meneladani disiplin tokoh KI Hadjar Dewantara dan KH. Ahmad Dahlan dan memiliki keteladanan mandiri, mencintai ilmu pengetahuan, jiwa wirausaha, pandai berorganisasi, nasiolisme. (3) Kedisiplinan yang harus ditiru oleh siswa di sekolah dari guru PPKn melalui pendekatan KI Hadjar Dewantara dan KH Ahmad Dahlan adalah Kedisiplinan dalam belajar, disiplin dalam peraturan, disiplin dalam beragamaan, disiplin waktu, disiplin dalam bersikap dan bertutur kata yang baik maka akan menjadi contoh untuk siswa sehari-hari di sekolah.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru PPKn, Membina Kedisiplinan, Keteladanan KI Hadjar Dewantara Dan KH. Ahmad Dahlan | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Fauzi Imam | |||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2023 04:39 | |||||||||
Last Modified: | 25 Jul 2023 04:39 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7545 |
Actions (login required)
View Item |