PEMANFAATAN MADING SEBAGAI PROGRAM LITERASI SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS V DI SD ‘AISYIYAH 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023

MELI, MELI (2023) PEMANFAATAN MADING SEBAGAI PROGRAM LITERASI SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS V DI SD ‘AISYIYAH 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (799kB)
[img] Text (Similarity Check)
Skripsi melly yes.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (925kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan literasi memiliki peranan penting dalam pembentukan minat baca siswa. Pada tingkat pendidikan dasar, minat baca siswa dapat dikembangkan melalui program-program yang menarik dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan mading, dampak pemanfaatan mading, dan faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan mading sebagai program literasi sekolah untuk meningkatkan minat baca siswa kelas V di SD 'Aisyiyah 2 Mataram pada tahun ajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Sedangkan populasi dalam penelitian ini yaitu kelas V di SD ‘Aisyiyah 2 Mataram yang berjumlah 9 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan mading sebagai Program Literasi Sekolah memiliki dampak positif dalam meningkatkan minat baca siswa kelas V di SD 'Aisyiyah 2 Mataram. Program ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk berinteraksi dengan berbagai jenis bahan bacaan dan karya tulis teman sekelas mereka. Selain itu, program ini juga mendorong kolaborasi dan kreativitas siswa dalam menciptakan konten literasi untuk mading. Beberapa faktor penghambat yang diidentifikasi dalam penelitian ini meliputi keterbatasan sumber daya, seperti waktu dan materi pembelajaran yang terbatas. Selain itu, kurangnya pengetahuan dan pemahaman guru tentang pemanfaatan mading sebagai program literasi juga menjadi kendala dalam implementasi program ini. Namun, faktor pendukung yang ditemukan mencakup dukungan penuh dari kepala sekolah dan staf sekolah, keterlibatan aktif siswa dalam kegiatan mading, serta partisipasi dan dukungan keluarga.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMARDIYAH, HAYATInidn0802096701
Thesis advisorBAIQ, IDA ASTINInidn0803088001
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Mading Sebagai Program Literasi, Minat Baca
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Meli Meli
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:37
Last Modified: 13 Jul 2023 07:37
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7100

Actions (login required)

View Item View Item