M., FIKRI ARISKI (2023) ANALISIS TINDAK TUTUR LOKUSI, ILOKUSI, DAN PERLOKUSI DALAM WACANA IKLAN PRODUK DI TELEVISI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III.pdf Download (5MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (767kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (477kB) |
|
Text (similarity check)
M. Fikri Ariski (2).docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana bentuk maupun makna tindak tutur pada iklan produk di televisi. Metode deskriptif kualitatif dan metode analisis isi media kualitatif adalah pendekatan yang digunakan untuk mendeskripsikan bentuk serta makna tindak tutur pada iklan produk di televisi ini. Sedangkan metode pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah metode rekam, simak, catat dan observasi. Penyajian analisis data peneliti menggunakan teori Milles dan Huberman yaitu reduksi data, display data, dan kesimpulan. Adapun hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah pada 36 data iklan produk peneliti tidak hanya menemukan 1 bentuk tindak tutur, tapi dalam satu data iklan biasanya terdapat 2 sampai 5 bentuk tindak tutur. Bentuk tuturan lokusi yang ditemukan berjumlah 32 tuturan, ilokusi berjumlah 84 tuturan dan perlokusi berjumlah 10 tuturan. Berhubungan dengan pemaknaan utama iklan produk, penggunaan tuturan lokusi bermakna sebagai penyebutan nama atau pengenalan produk. Penggunaan tuturan ilokusi bermakna penggambaran, penawaran, perintah menggunakan, manfaat, serta proses meyakinkan mitra tutur untuk membeli produk. Sedangkan penggunaan tuturan perlokusi bermakna penggambaran manfaat atau fungsi produk serta proses meyakinkan mitra tutur mengenai kualitas produk melalui reka adegan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan berbagai bentuk tindak tutur yang digunakan pada iklan bertujuan agar penyampaian hal-hal yang berkaitan dengan produk yang diiklankan dapat tersampaikan dengan baik kepada penonton iklan. Tuturan ilokusi merupakan bentuk tuturan yang dominan digunakan dalam iklan sedangkan tuturan lokusi dan perlokusi hanya sebagai pelengkap agar makna ilokusi yang terdapat pada iklan bisa tersampaikan dengan lebih baik
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | tindak tutur, lokusi, ilokusi, perlokusi, iklan produk | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | M Fikri Ariski | |||||||||
Date Deposited: | 07 Jul 2023 03:23 | |||||||||
Last Modified: | 07 Jul 2023 03:23 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7041 |
Actions (login required)
View Item |