ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS CERITA SEDERHANA MENGGUNAKAN MEDIA CERITA GAMBAR PADA SISWA KELAS II SDN 4 BAJUR KOTA MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022

RENI, LISTIANINGSIH (2023) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS CERITA SEDERHANA MENGGUNAKAN MEDIA CERITA GAMBAR PADA SISWA KELAS II SDN 4 BAJUR KOTA MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
C0VER - BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SIMILARITY CEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (947kB) | Request a copy

Abstract

Media gambar adalah sebagai alat bantu guru dalam proses pembelajaran untuk memberikan pengalaman visual pada anak dalam rangka mendorong motivasi belajar, memperjelas, mudah dipahami. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis cerita sederhana menggunakan media cerita gambar pada kompetensi dasar siswa kelas 2 SDN dan untuk mengetahui apasaja faktor penghambat kemampuan siswa dalam menulis cerita sederhana menggunakan media cerita gambar pada kompetensi dasar siswa kelas 2 SDN 4 Bajur Kota Mataram. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan tiga metode pengumpulan data yaitu: metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi, sedangkan langkah analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan siswa dalam menulis cerita sederhana menggunakan media cerita gambar pada kompetensi dasar siswa Kelas II SDN 4 Bajur Kota Mataram, Proses pembelajaran menulis cerita sederhana kelas II SDN 4 Bajur Kota Mataram menggunakan media cerita bergambar mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan dalam merespon guru saat melakukan tanya jawab tentang isi cerita dan peningkatan dalam menyimpulkan isi cerita yang dibacanya, sebagai berikut: a. penerapan pembelajaran menulis sederhana menggunakan media cerita gambar, b. sikap guru dalam melakukan pembelajaran menulis sederhana menggunakan media cerita bergambar, c. keefektifan dalam pembelajaran pembelajaran menulis sederhana menggunakan media cerita bergambar, d. hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis sederhana mengunakan media cerita gambar. (2) Faktor penghambat kemampuan siswa dalam menulis cerita sederhana menggunakan media cerita gambar pada kompetensi dasar siswa kelas II SDN 4 Bajur Kota Mataram adalah a. faktor yang menyebababkan rendahnya kemampuan siswa dalam menulis cerita, b. faktor yang menyebababkan rendahnya minat siswa dalam menulis cerita, c. kurang bervariasinya media atau metode dalam pembelajaran menulis.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNANANG, RAHMANnidn0824038702
Thesis advisorSYAFRUDDIN, MUHDARnidn0813078701
Uncontrolled Keywords: Menulis Cerita Sederhana, Media Cerita Gambar
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 107 Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Reni Listianingsih
Date Deposited: 24 Feb 2023 04:11
Last Modified: 24 Feb 2023 04:11
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6812

Actions (login required)

View Item View Item