PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

SHYNTA, MUHTAR (2023) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text (Similarity Check)
SHYNTA MUHTAR (3).docx (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa valid, praktis, dan efektifnya media pembelajaran Pop Up Book pada materi bangun ruang di kelas V untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau biasa dikenal sebagai R&D (Penelitian dan Pengembangan) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evalution). Untuk tahap uji coba terbatas dilaksanakan pada siswa kelas 5B sejumlah 12 orang siswa sedangkan tahap uji coba lapangan dilakukan terhadap siswa kelas 5A sebanyak 18 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan produk berupa media Pop Up Book mendapatkan nilai rata-rata validasi media dari validator sebesar 93,32% dalam kategori sangat valid. Untuk kepraktisan media diukur dengan angket respon siswa yang mendapatkan nilai rata-rata 97,57% dengan kategori sangat praktis dari uji coba terbatas dan 97,47% kategori sangat praktis dari uji coba lapangan serta hasil observasi guru sebesar 98% (sangat praktis). Keefektifan media diukur dengan tahap uji coba melalui pretest dan posttest, nilai pretest 55,83% sedangkan posttest sebesar 89,44% sehingga nilai gain yang didapatkan sejumlah 0,77% dengan kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media Pop Up Book pada materi bangun ruang untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar layak digunakan dalam implementasi pembelajarannya

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorINTAN, DWI HASTUTInidn0823078802
Thesis advisorYUNI, MARIYATInidn0806068802
Uncontrolled Keywords: Pop Up Book, bangun ruang, hasil belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Shynta Muhtar
Date Deposited: 01 Feb 2023 02:46
Last Modified: 01 Feb 2023 02:46
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6505

Actions (login required)

View Item View Item