ANALISA KERUSAKAN PADA PERKERASAN LENTUR MENGGUNAKAN METODE PCI DAN BINA MARGA PADA RUAS JALAN GURU BANGKOL

M., SULKHAN (2023) ANALISA KERUSAKAN PADA PERKERASAN LENTUR MENGGUNAKAN METODE PCI DAN BINA MARGA PADA RUAS JALAN GURU BANGKOL. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (959kB)
[img] Text (Similarity Check)
Skripsi Done.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Jalan adalah sarana penghubung antara wilayah satu dan wilayah yang lainnya sehingga tercipta interaksi sosial, ekonomi dan budaya. Kondisi jalan yang baik akan sangat mempengaruhi mobilitas pengguna jalan yang kemudian mempercepat waktu tempuh dan diharapkan dapat menghemat biaya operasional dan biaya pemeliharaan kendaraan. Penelitian ini berfokus pada kerusakan yang ada pada ruas jalan Guru Bangkol, jalan yang memiliki panjang 1.250 meter dan lebar perkerasan 4,5 meter ini berada di kota Mataram yang menghubungkan perempatan Pagesangan dan perempatan Gebang. Ada beberapa metode yang dapat digunakan dalam penelitian kerusakan perkerasan diantaranya yaitu metode Bina Marga dan metode Pavement Condition Index (PCI). Adapun metode Bina Marga memperhatikan jenis kerusakan saat melakukan survei di lokasi penelitian, diantaranya kerusakan perkerasan pada permukaan dan nilai untuk masing-masing keadaan kerusakan, sedangkan metode PCI yaitu salah satu sistem penilaian kondisi perkerasan untuk upaya pemeliharaan jalan berdasarkan jenis, tingkat dan luas kerusakan yang terjadi serta dapat dijadikan sebagai acuan dalam perbaikan maupun pemeliharaan. Dari hasil penilaian kondisi ruas jalan Guru Bangkol Kecamatan Mataram Kota Mataram dengan metode PCI dan Bina Marga menghasilkan nilai yang berbeda, pada metode PCI menghasilkan nilai persentase yaitu 15% pada nilai sempurna (excellent), 15% pada nilai sangat baik (very good), presentase nilai tertinggi berada pada kondisi baik (good) yaitu 62%, dan 8% pada nilai cukup (fair), tidak terdapat kerusakan yang masuk dalam kategori jelek (poor) dan sangat jelek (very poor), maka dianggap 0%. Sedangkan pada perhitungan yang menggunakan metode Bina Marga dengan persentase tertinggi yaitu pemeliharaan rutin sebesar 62%, dan pemeliharaan berkala 38% pada pemeliharaan peningkatan tidak dapat kerusakan, maka dianggap 0%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTITIK, WAHYUNINGSIHnidn0819097401
Thesis advisorANWAR, EFENDYnidn0811079502
Uncontrolled Keywords: Penilaian Kondisi Jalan, Pavement Condition Index, Bina Marga
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: M Sulkhan
Date Deposited: 16 Feb 2023 06:24
Last Modified: 16 Feb 2023 06:24
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6453

Actions (login required)

View Item View Item