ANALISIS FASILITAS PERPUSTAKAAN DALAM MENUNJANGMINAT KUNJUNG MASYARAKAT DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

LAELA, BADRUNI (2022) ANALISIS FASILITAS PERPUSTAKAAN DALAM MENUNJANGMINAT KUNJUNG MASYARAKAT DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
Cover - Bab III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB) | Request a copy

Abstract

Fasilitas pada perpustakaan pada dasarnya difungsikan untuk mempermudah kegiatan pemustaka dalam mengakses informasi. Ketersediaan fasilitas perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB (DPKP) meliputi lokasi, gedung, ruangan serta sarana dan prasarana lainnya. Namun pada periode tahun 2019-2021 DPKP mengalami penurunan jumlah pengunjung, berdasarkan disparatis yang ada di DPKP kemungkinan rendahnya minat kunjung masyarakat disebabkan oleh pengolahan koleksi dan ketersediaan fasilitas perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja ketersediaan fasilitas perpustakaan dalam menunjang minat kunjung masyarakat di DPKP serta apa saja kendala yang dihadapi oleh DPKP dalam meningkatkan minat kunjung masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi pustaka, serta dokumentasi. Pada penelitian ini, peneliti mengumpulkan data bahwa fasilitas yang ada pada DPKP ini meliputi gedung, ruangan dan sarana perpustakaan lainnya seperti set komputer, rak buku, koleksi buku, meja dan kursi baca, meja inventaris dan masih banyak lagi. Fasilitas tersebut merupakan alat penunjang dalam meningkatkan minat kunjung masyarakat. Adapun kendala-kendala yang dihadapi oleh DPKP dalam meningkatkan minat kunjung masyarakat yaitu mewabahnya Covid-19, kurangnya anggaran dari pemerintah serta rendahnya kualitas dan jumlah SDM yang tersedia pada DPKP dalam meningkatkan minat kunjung masyarakat. Hasil dari penelitian ini yaitu DPKP belum memenuhi Standar Nasional Perpustakaan Provinsi 2019 dikarenakan banyak fasilitas penunjang yang tidak berfungsi sehingga tidak dapat menunjang kenyamanan bagi pengguna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorROHANA, ROHANAnidn0831128508
Thesis advisorRIDWAN, RIDWANnidn0808119103
Uncontrolled Keywords: Fasilitas, Minat Kunjung, Perpustakaan
Subjects: 000 Karya Umum > 020 Ilmu Perpustakaan & Informasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 Perpustakaan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Laela Badruni
Date Deposited: 12 Oct 2022 03:25
Last Modified: 08 Aug 2023 02:09
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5601

Actions (login required)

View Item View Item