ROSTINA, ROSTINA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK DUA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS NARASI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS 5 SEMESTER 2 SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (639kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
|
Text (Similarity Check)
SIMI LARITI ROSTINA.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) mengetahui kevalidan dari media big book untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis narasi. 2) mengetahui kepraktisan dari media big book untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis narasi. 3)mengetahui keefektifan dari media big book untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis narasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Borg & Gall yaitu: 1).Penelitian dan pengumpulan data, 2). Perencanaan, 3) pengembangan draf produk, 4).Uji coba lapangan awal, 5).Merevisi hasil uji coba, 6).Uji coba lapangan terbatas, 7).Penyempurnaan produk hasil uji lapangan, 8). Uji coba pemakaia, 9).Penyempurnaan produk akhir, 10). Diseminasi dan implementasi. Untuk memenuhi syarat yang digunakan agar mengetahui kualitas produk berupa lembaran penilaian media big book yang digunakan untuk ahli materi, media, praktisi, lembar kepraktisan dan lembar keefektifitas. Pada penelitian ini uji terbatas dilaksanakan di kels 6 dan tahap uji lapangan dilaksanakan di kelas 5 SDN 4 Bajur Mataram sebagai uji kepraktisan dan keefektifan media. Hasil penelitian menunjukan bahwa media big book seperti: 1) Media diperoleh skor rata-rata dari 3 validator yaitu 87% ( Sangat Valid). 2) Materi diperoleh skor rata-rata dari 3 validator yaitu: 84% (Valid). 3) Ahli praktisi diperoleh skor rata-rata dari 2 validator yaitu: 87% (Sangat Valid). Angket respon siswa dalam uji lapangan yang menununjukan kepraktisan dalam media big book dengan skor rata-rata 90,3% (Sangat Praktis). Untuk mengetahui keefektifan siswa yang diuji dilapangan utama dilihat dari kemampuan siswa yang diberikan lembar pretest dan postest kepada Siswa Kelas 5 dengan skor rata-rata 78.17% (Tinggi). Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis cerita dilihat dari hasil kerja siswa dari cerita pendek dengan skor rata-rata 78,55% (Praktis). Dapat disimpulkan bahwa media big book yang dikembangkan sangat valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | media big book, pembelajaran tematik, menulis narasi | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Rostina Rostina | |||||||||
Date Deposited: | 20 Oct 2022 06:49 | |||||||||
Last Modified: | 20 Oct 2022 06:49 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5458 |
Actions (login required)
View Item |