IN- IN, IN- IN (2022) PERAN GURU DALAM MENGATASI PRILAKU BULLYING PADA SISWA DI SD AISYIYAH 1 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (575kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (476kB) |
|
Text (Similarity Check)
SKRIPSI_AISYA_ALHAMDULILLAH_PLAGIASI baru.doc.pdf Restricted to Repository staff only Download (970kB) | Request a copy |
Abstract
Bullying adalah prilaku negatif yang dilakukan oleh seorang atau sekelompok orang yang dapat merugikan orang lain baik secara fisik maupun mental. Bullying tidak membedakan usia dan jenis kelamin korban. Korban biasanya anak-anak yang pemalu, pendiam, difabel, tertutup terhadap temannya, dan lain-lain yang bisa menjadi bahan ejekan. Bullying bisa dilakukan oleh siapa saja, baik itu antar teman, antar siswa, antar geng, oleh senior bahkan gurupun bisa melakukan bullying. Bullying dapat terjadi kapan saja khusunya dilingkungan sekolah dan dapat memberikan dampak negatif apabila tidak segera ditanggani.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bentuk-bentuk prilaku bullying dan bagaimana peran guru untuk mengatasi prilaku bullying. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis pelitian kualitatif. Penelitian yang didasarkan filsafat post-positivisme, yang mana digunakan untuk mempelajari kondisi obyek yang alam, dimana peneliti sebagai instrument kunci, teknik pengumpulan data dilakukan dengan trianggulasi (gabungan), dan analisis datanya bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian ini lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data-data terkait fakta dari fenomena yang terjadi dilapangan terkait dengan Peran guru untuk mengatasi prilaku bullying di SD Aisyiyah 1 Mataram. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk-bentuk bullying di SD Aisyiyah 1 Mataram yaitu bullying verbal seperti mengolok-olok, mengejek, dan bullying fisik salah satunya dengan memukul. Peran guru untuk mengatasi prilaku bullying pada siswa di SD Aisyiyah 1 Mataram yaitu sebagai pembimbing, penasehat dan mengarahkan serta membina siswa sehingga dapat mengatasi prilaku bullying dan agar dapat meminimalisir bullying yang terjadi disekolah, sehingga prilaku siswa bisa menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran guru, Bullying | |||||||||
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 107 Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | in-in aisa | |||||||||
Date Deposited: | 05 Sep 2022 02:53 | |||||||||
Last Modified: | 05 Sep 2022 02:53 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5385 |
Actions (login required)
View Item |