Muh, Zaenudin (2019) PELAKSANAAN PROGRAM IMTAQ DALAM PEMBENTUKAN MORAL SISWA KELAS IV MI NW JOHAR PELITA JATISELA GUNUNG SARI LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III.pdf Download (8MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Akhlak siswa merupakan sebuah kata atau tingkah laku yang merupakan ciri pembawaan dan pola kelakuan siswa maupun filsafat hidup dan keprcayaan kepada Allah Swt. Moral meliputi tingkah laku sehari-hari dalam berinteraksi dengan orang lain memungkinkan prediksi tentang apa yang dilakukan dalam situasi tertentu yang terbentu dari lingkungan keluarga, madrasah maupun masyarakat yang sesuai dengan ajaran islam. Batasan masalah dalam peneliti ini yaitu pelaksanaan program imtaq dalam pembentukan moral siswa kelas IV MI NW Johar Pelita kendala-kendala dan upaya untuk mengatasi kendala-kandala dalam membentuk moral siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu mendekripsikan berbagai phenomena, kejadian-kejadian, dan informasi yang didapatkan selama penelitian berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1. Bagaimana pelaksanaan program imtaq dalam pembentukan moral siswa kelas IV MI NW Johar Pelita Jatisela Gunung Sari Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. 2. Apakah program imtaq dapat membentuk moral siswa kelas IV MI NW Johar Pelita Jatisela Gunung Sari Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. 3. Apa saja kendala-kendala dalam pembentukan moral siswa kelas IV MI NW Johar Pelita Jatisela Gunung Sari Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif, dimana yang dikumpulkan berupa pendapat, tanggapan informasi, konsep-konsep dan penyaringan data atau informasi yang bersifat sewajarnya mengenai sesuatu masalah dalam kondisi, aspek atau bidang tertentu dalam kehidupan objeknya. Pengumpulan data di lakukakan dengan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian di MI IV MI NW Johar Pelita Jatisela Gunung Sari Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019 menunjukkan bahwa pelaksanaan program imtaq dalam pembentukan moral siswa melalui pembacaan surat yasin dan hafalan ayat-ayat pendek, pembacaan as-maulhusna, cerita islami, siraman rohani, kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program imtaq ada dua yaitu (faktor internal) seperti: kurangnya pengawas dari guru, banyak siswa yang harus dikontrol. (Faktor eksternal) seperti: Lingkungan yang kurang kondusif dalam memantapkan pembinaan secara sempurna, dan sedangkan solusi untuk mengatasi kendala-kendala tersebut adalah: diperlukanya peran aktif untuk semua guru agar bisa ikut serta dalam pelaksaan imtaq agar menjadi cohtoh untuk siswanya. Kata Kunci: Program Imtaq, Pembentukan Moral
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Repository Institusi UMMAT | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 303 Proses Sosial | |||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Ridwan Ridwan | |||||||||
Date Deposited: | 26 Nov 2019 04:00 | |||||||||
Last Modified: | 30 Nov 2019 02:01 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/53 |
Actions (login required)
View Item |