MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 MONTA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

SURYA, DARMA PERSADA (2022) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 MONTA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
COVER-BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (868kB)
[img] Text (SIMILAIRTY CHECK)
SURYA DARMA PERSADA 2.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa saat proses belajar mengajar dalam sekola. Pemhelajaran keterampilan perlu mendapat perhatian agar siswa mampu berkomunikasi dengan baik Di dalam kelas siswa harus mampu menerapkan keterampilan berbicaranya agar dapat menyampaikan pikiran atau pendapat secara efektif..Tujusn dari penelitian ini adalah bagaimanakah meningktkan keterampilan berbicara menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Monta pada Tahun Pelajaran 2021/2022 dari segi hasil pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII A SMP Negeri 1 Monta tahun pelajaran 2021/2022l yang berjumlah 29 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, metode observasi, metode tugas, dan metode rekaman video.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berbicara siswa sebelum menggunakan model Think Pair Share atau pra siklus siswa memperoleh mila rata-rata 54,17. Kemudian setelah menggunakan model Think Pair Share pada siklus I, siswa memperoleh nilai rata-rata 62,79.. Pada Siklus II siswa memperoleh nilai rata-rata 82,03. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas VIII A SMPN 1 Monta Tahun Pelajaran 2021/2022

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSRI, MARYANInidn0811038701
Thesis advisorNURMIWATI, NURMIWATInidn0817098601
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Think Pair Share (TPS). Keterampilan Berbicara
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Surya Darma Persada
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:11
Last Modified: 25 Aug 2022 07:11
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5257

Actions (login required)

View Item View Item