HIDAYATUR, RACHMAN (2022) KEMAMPUAN MEMBEDAKAN FAKTA DAN OPINI MELALUI KEGIATAN MEMBACA INTENSIF PADA SISWA KELAS XII SMA MUHAMMADIYAH POHGADING TAHUN AJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (975kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu, mendeskripsikan kemampuan siswa membedakan fakta dan opini melalui kegiatan membaca intensif di kelas XII SMA Muhammadiyah Pohgading tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini digolongkan kuantitatif karena data-data yang akan diubah berupa angka dan melalui metode deskriptif, penelitian ini dapat diketahui secara spesifik yang menjadi sampel siswa kelas XII IPS SMA Muhammadiyah Pohgading tahun ajaran 2021/2022. Sampel penelitian ini berjumlah dari 33 orang siswa. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan hasil penelitiannya sebagai berikut: Kemampuan Membedakan Fakta dan Opini Melalui Kegiatan Membaca Intensif Pada Siswa Kelas XII IPS Muhammadiyah Pohgading Kecamatan Pringgabaya Tahun Ajaran 2021-2022 adalah dalam katagori sedang pada siklus I dan katagori tinggi pada siklus II. Tingkat Kemampuan siswa kelas XII IPS dalam membedakan fakta dan opini melalui kegiatan membaca intensif pada siklus I yaitu siswa yang nilainya masuk dalam kategori tinggi sebanyak 18 orang dengan persentase 54,54%, sedangkan siswa yang nilainya masuk dalam kategori sedang sebanyak 15 orang dengan persentase 45,45 % dan tidak ada siswa yang masuk dalam kategori rendah. IPK yang mampu dicapai pada siklus I ini adalah 65,81 masuk dalam kategori normal atau sedang. Kemampuan siswa kelas XII IPS membedakan fakta dan opini melalui kegiatan membaca intensif pada siklus II yaitu siswa yang nilainya masuk masuk dalam kategori tinggi sebanyak 33 orang dengan persentase 100%, dan tidak ada siswa yang nilainya masuk dalam kategori sedang dan rendah. IPK yang mampu dicapai pada siklus II ini adalah 79,31 masuk dalam kategori tinggi. Pada siklus II ini IPK siswa dalam membedakan fakta dan opini melalui kegiatan membaca intensif mengalami peningkatan sebesar 13,5 dari IPK pada tahap siklus I
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | kemampuan bahasa Indonesia, membedakan fakta dan opini, membaca intensif. | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu Sosial > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Hidayatur Rachman | |||||||||
Date Deposited: | 23 Aug 2022 03:04 | |||||||||
Last Modified: | 23 Aug 2022 03:04 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5235 |
Actions (login required)
View Item |