JAYATUR, RAHMAN (2022) ANALISA KEPUASAN PELAYANAN PADA PELABUHAN BIMA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
Cover_-_BAB_III[1].pdf Download (5MB) |
|
Text
BAB_IV[1].pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB_V[1].pdf Download (5MB) |
|
Text (similarity check)
21%ANALISA_KEPUASAN_PELAYANAN_PADA_PELABUHAN_BIMA[1].pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Pelabuhan Bima memiliki peran penting dan strategis bagi masyarakat untuk pertumbuhan industri dan perdagangan serta merupakan segmen usaha yang dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan nasional serta membuka akses pertumbuhan yang lebih cepat pada detinasi-destinasi strategis yang ada di Bima. karena selain menjadi gerbang penghubung antara pulau Sumbawa dan jawa yang berartikan bahwa akan mempercepat pertumbuhan ekonomi di Pulau tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan dan tingkat pelayanan fasilitas pelabuhan Bima dengan memperhatikan 5 (Lima) dimensi pelayanan yaitu keselamatan, keamanan, kenyamanan, kemudahan / keterjangkauan, dan kesetaraan. Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan survey menggunakan kuesioner untuk mengetahui tingkat kepuasan dan kepentingan pelayanan pelabuhan Bima. Metode pengolahan data yang digunakan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna fasilitas pelabuhan yaitu menggunakan metode analisa importance and performance analysis (IPA) dan menganalisis pelayanan dengan metode checklist berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan No 39 tahun 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan penumpang atau pelanggan terhadap kualitas pelayanan fasilitas pelabuhan Badas berdasarkan 5 (Lima) dimensi dianggap memuaskan dengan skor tingkat kepuasan yaitu 3,96 dan tingkat kinerja kualitas pelayanan terhadap sarana pelabuhan sudah sesuai kriteria atau berdasarkan standar pelayanan peraturan menteri perhubungan no 39 tahun 2015 dengan prosentase 77% cukup memenuhi kriteria. Kata kunci : Pelabuhan Bima, kepuasan, pelayanan, importance and performance analisys (IPA).
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pelabuhan Bima, Kepuasan, Pelayanan, Importance and Performance Analisys (IPA) | |||||||||
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil 300 Ilmu Sosial > 387 Transportasi |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | JAYATUR RAHMAN | |||||||||
Date Deposited: | 16 Mar 2022 09:14 | |||||||||
Last Modified: | 16 Mar 2022 09:14 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4904 |
Actions (login required)
View Item |