Rosanti, Rosanti (2022) ANALISIS BENTUK KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SDN 3 DASAN GERES KECAMATAN GERUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III.pdf Download (920kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (878kB) |
|
Text (similarity check)
28%ANALISIS_BENTUK_KESULITAN_MEMBACA_PERMULAAN_PADA_S.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II SDN 3 Dasan Geres. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif karena data yang diperoleh di lapangan adalah data yang menghasilkan data deskriptif yang berupa informasi atau keterangan-keterangan yang berkaitan dengan judul yang ada bukan dalam bentuk angka. Sesuai tujuan penelitian ini maka sampel penelitiannya yaitu siswa yang mengalami hambatan dalam membaca permulaan, sebanyak 4 siswa dan wali siswa dari 4 siswa tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang bersifat induktif, dengan Langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, faktor penghambat kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II SDN 3 Dasan Geres diantaranya yaitu: 1). Faktor Keluarga, 2). Faktor Siswa. Sedangkan bentuk kesulitan yang dialami siswa diantaranya tidak dapat mengenal huruf, membaca dengan terbata-bata dan tidak bisa mengeja. Adapun bentuk pengajaran dan pendampingan yang diberikan guru kepada siswa yang mengalami hambatan dalam membaca permulaan adalah memberikan bimbingan secara berkesinambungan, dan memberikan pendekatan secara khusus. Serta upaya orang tua dalam mengatasi kesulitan membaca siswa ialah orang tua mengajari anak membaca, memaksa anak, mengajak anak dengan kata halus dan ada juga orang tua yang mengajak anak dengan kata kasar/tegas dan sebagian orang tua juga sempat menyediakan buku bacaan untuk anak. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai perbaikan dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan siswa kelas rendah dalam membaca permulaan.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Faktor penghambat, Kemampuan, Membaca permulaan, | |||||||||
Subjects: | 900 Sejarah dan Geografi > 901 Filsafat dan Teori Sejarah 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | ROSANTI ROSANTI | |||||||||
Date Deposited: | 16 Mar 2022 08:09 | |||||||||
Last Modified: | 16 Mar 2022 08:09 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4867 |
Actions (login required)
View Item |