PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS MODEL INQUIRY TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 5 SUBTEMA 1 KELAS V SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2021/2022

RAHMATILLAH, RAHMATILLAH (2022) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS MODEL INQUIRY TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 5 SUBTEMA 1 KELAS V SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER BAB I -III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (597kB)
[img] Text (Similarity Check)
35% PENGEMBANGAN_MEDIA_AUDIO_VISUAL_BERBASIS_MODEL_INQ.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Audio visual berbasis model inquiry terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan R&D. Instrument penelitian ini lembar validasi ahli media, materi, praktisis, lembar kepraktisan dan lembar keefektivitas. Pada penelitian ini uji terbatas dilaksanakan di kelas VI dan tahap uji lapangan dilaksankan di kelas V SDN 4 Bajur Mataram sebagai uji kepraktisan dan keefektifan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audio visual menunjukkan bahwa kevalidan media audio visual seperti: (1) Media diperoleh skor rata-rata dari 2 validator ahli media yaitu 83% (valid) (2) materi diperoleh skor rata-rata dari 2 validator ahli materi yaitu 89% ( sangat valid), (3) Ahli praktisi diperoleh skor rata-rata dari 2 validator ahli praktisi yaitu 90 (sangat valid). Angket respon siswa uji lapangan terbatas yang menunjukkan kepraktisan media audio visual yaitu 91,5% ( sangat praktis). Keefektifan media audio visual yang di uji di lapangan utama dilihat dari kemampuan kognitif yang diberikan lembar pretest dan postest kepada siswa kelas V SDN 4 Bajur Mataram dan diperoleh skor rata-rata 77,5 % ( efektif). Berdasarkan hasil prenelitian, dapat disimpulkan bahwa media audio visual yang dilkembangkan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNANANG, RAHMANnidn0824038702
Thesis advisorNURSINA, SARInidn0825059102
Uncontrolled Keywords: Media audio visual, Inquiry terbimbing, Tematik, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: RAHMATILLAH RAHMATILLAH
Date Deposited: 15 Mar 2022 07:25
Last Modified: 15 Mar 2022 07:25
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4810

Actions (login required)

View Item View Item