IMPLEMENTASI PENUGASAN DOSEN SEKOLAH (PDS) DI PERKULIAHAN UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA CIVIC EDUCATION DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

MAEMUNAH, MAEMUNAH (2020) IMPLEMENTASI PENUGASAN DOSEN SEKOLAH (PDS) DI PERKULIAHAN UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA CIVIC EDUCATION DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 8 (1). ISSN 2614-509X

[img] Text (Article)
1676-5686-2-PB.pdf

Download (513kB)
[img] Text (PEER REVIEW)
Peer Review 1_2 Implementasi Penugasan Dosen Sekolah (PDS) di Perkuliahan untuk meningkatkan Berpikir Kreatif Mahasiswa Civic Education.pdf

Download (588kB)
[img] Text (Uji Plagiasi)
PCX - Report-Maemunah dkk.pdf

Download (203kB)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif akan mendorong seseorang untuk senantiasa berinovasi, sehingga mahasiswa perlu dilatih untuk menumbuhkan ketrampilan. Tujuan penelitian ini menjelaskan implementasi Penugasan Dosen Sekolah (PDS) di perkuliahan untuk meningkatkan kreativitas berpikir mahasiswa civic education. Pendekatan kegiatan pelaksanaan PDS menggunakan deskripsi. Data-data yang dikumpulkan akan dideskripsikan secara mendalam dan terukur terkait dengan pembelajaran. Desain pembelajaran menggunakan desain penugasan dosen sekolah di perkuliahan dengan menerapkan metode pembelajaran presentasi, tanya jawab, The Power of Two, Group to Group Exchange dan penugasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan implementasi PDS di perkuliahan dapat berdampak terhadap adanya pengembangan berpikir kreatif mahasiswa civic education dalam menemukan ide, gagasan, konsep, fakta, berkomunikasi, dan berinteraksi. Sementara proses pelaksanaan PDS di perkuliahan dapat dilakukan beberapa tahapan yaitu Pertama, merencanakan pelaksanaan PDS bersama dosen program studi; Kedua, menyiapkan perangkat pembelajaran berupa RPS, RPM, media pembelajaran, evaluasi; Ketiga, melakukan evaluasi; Keempat, merefleksikan hasil pembelajaran PDS di perkuliahan. Jadi adanya pembelajaran PDS dapat memberikan dampak berpikir kreatif mahasiswa, bertanggungjawab dan mampu mengkomunikasikan temua-temuan yang dapatkan ketika diskusi maupun saat presentasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Implementasi Penugasan Dosen Sekolah Berpikir Kreatif Perkuliahan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 378 Pendidikan Tinggi, Unversitas
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Kepegawaian UMMAT > Angka Kredit Dosen
Depositing User: NANI SULISTIANINGSIH
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:52
Last Modified: 01 Mar 2022 02:53
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4128

Actions (login required)

View Item View Item