PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI TERHADAP KEMAMPUAN PRESENTASI MATERI TEMA 8 PADA SISWA KELAS V SDN 31 WOJA

FITRA, FITRA (2021) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI TERHADAP KEMAMPUAN PRESENTASI MATERI TEMA 8 PADA SISWA KELAS V SDN 31 WOJA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB_III[1].pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB_IV[1].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (998kB) | Request a copy
[img] Text
BAB_V-LAMPIRAN[1].pdf

Download (9MB)
[img] Text
similarity_check[1].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Bedasarkan data hasil observasi pra penelitian kelas V di SDN 31 Woja diketahui hasil presentasi belajar siswa berdasarkan ketuntasan klasikal masih rendah hal ini dikarenakan guru namyak menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran. Metode ceramah merupakan metode bersifat satu arah, kegiatan pembelajaran didominasi oleh guru sehingga keaktifan dalam pembelajaran menjadi rendah. Tujuan penelitian ini merupakan penelitian Quasat-Eksperimental dengan model tipe artikulasi terhadap kemampuan prestasi. populasi penelitian ini adalah seluruh sisiwa kela V SDN 31 Woja yang berjumlah 24siswa tehnik pengambilan sampel menggunakan tehnik random sampling dengan sampel sebanyak 12 siswa kelas V A sebagai kelas ekperimen dan 12 siswa kelas V B kelas kontrol. tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemauan presentasi menggunkan berupa pengamatan (pre-test dan post-test) data ini di analisis dengan bantuan SPSS versi 20.00 for windows. pengujian hipotesis penelitian menunjukan nilai t hitung, t tabel (4,412-2.024) dan nilai sig 0,05 (0,016-0,05). maka Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukan, bahwa ada pengaruh kooperatif tipe artikulasi terhadap kemampuan prestasi materi tema 8 pada siswa kelas V SDN 31 Woja. hasil yang ditunjukan dari nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen 72,91. setelah melakukan secara model kooperatif tipe artikulasi nilai rata-rata post-test kelas eksperimen mengalami peningkatan menjadi 82,91. sedangakan nilai rata-rata pre-test dari kelas kontrol 63,75 sedangkan nilai rata-rata post-test kelas kontrol mengalami peningkatan adalah 72,083.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
TeacherMUHAMMAD, NIZAARnidn0821078501
Thesis advisorYUNI, MARIYATInidn0806068802
Uncontrolled Keywords: Model, kooperatif,tipe,artikulasi
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Pengetahuan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Fitra Fitra
Date Deposited: 28 Sep 2021 03:04
Last Modified: 28 Sep 2021 03:04
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3610

Actions (login required)

View Item View Item