PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OUTING CLASS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA TEMA 6 (MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN) SUBTEMA I PEMBELAJARAN 1 DAN 2 DI SDN 13 WOJA

SRI NAWA, ANGGRIANINGSIH (2021) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OUTING CLASS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA TEMA 6 (MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN) SUBTEMA I PEMBELAJARAN 1 DAN 2 DI SDN 13 WOJA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (11MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
similarity check.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Metode outing class merupakan proses pembelajaran yang dilakukan diluar ruangan, dan menjadikan anak mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru serta belajara berinteraksi dengan lingkungan dan melihat secara langsung. Penelitan ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan metode outing class terhadap motivasi belajar siswa pada tema 6 kelas II SDN 13 Woja Tahun pelajaran 2021/2022. Metode penelitian ini adalah penelitian Eksperimen sampel digunakan adalah 26 siswa terdiri dari kelompok 13 siswa kelas eksperimen dan 13 kelompok siswa kontrol, sedangkan tekni pengumpulan data yaitu obsevasi, dan dokumentasi. Uji coba instrument yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, sedangkan analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t dengan menggunakan rumus independen sampel t-test. Hasil penelitian ini menujukan bahwa hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS 20.00 for windows dengan mengggunakan tekni uji independent sampel T-Test pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai diperoleh nilai ≥ 2.806 ≥ 2,042), dan nilai sig ≤ 0,05 (0.010 ≤ 0,05). Maka Ho ditolak dan Ha terima. Hasil ditunjukkan dari nilai rata-rata pretest kelompok eksperimen sebesar 75. Setelah melakukan belajar secara melihat langsung nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen mengalami peningkatan menjadi 84,61. Sedangkan nilai rata-rata prestest kelompok kontrol adalah 68,84. Nilai rata-rata posttest kelompok kontrol mengalami peningkat menjadi 76,53. Ho = Tidak ada pengaruh metode pembelajaran outing class terhadap terhadap motivasi belajar siswa kelas II Sekolah Dasar (Ditolak karena Sig. (2-tailed)> 0,010). Ha = Ada pengaruh metode pembelajaran outing class terhadap motivasi belajar siswa kelas II Sekolah Dasar (Diterima karena Sig. (2-tailed)< 0,010

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, NIZAARnind0821078501
Thesis advisorJOHRI, SABARYATInind0804048601
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Pengetahuan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: SRI NAWA ANGGRIANINGSIH
Date Deposited: 27 Sep 2021 01:54
Last Modified: 27 Sep 2021 01:54
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3535

Actions (login required)

View Item View Item