PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

DEVI, MARTIKASARI (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Similarity Chek (Hasil Cek Plagiasi).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk LKS pembelajaran materi bangun datar yang valid, praktis, dan efektif dengan mengembangkan lima tahapan pada pendekatan saintifik. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SDN 3 Batu Kumbung. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan. Metode penelitian pengembangan yang digunakan adalah metode pengembangan (R&D) dengan model Bold&Gall, yaitu (1) Research and information collecting (penelitian dan pengumpulan data), (2) Planning (perencanaan), (3) Develop preliminary form of producy (pengembangan draf produk), (4) Preliminary field testing (uji coba lapangan awal), (5) Main product revision (merevisi hasil uji coba), (6) Main field testing (uji coba lapangan utama), (7) Operational product revision (penyempurnaan produk hasil uji lapangan), (8) Operational field testing (uji pelaksanaan lapangan operasional/empiris), dan (9) Final product revision (penyempurnaan produk). Berdasarkan hasil validasi dari 2 validator ahli dan 2 validator praktisi, maka diperoleh hasil presentase 83,96% pada kategori valid. Hasil angket respon siswa diperoleh hasil presentasi dari uji coba lapangan 91,70% pada kategori sangat praktis. Hasil lembar observasi yang diamati oleh observer diperoleh hasil presentase 91,07% dalam kategori sangat baik. Hasil kefektifan LKS yang dilihat melalui lembar soal tes diperoleh nilai rata-rata 81,60% dalam kategori sangat efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorINTAN DWI, HASTUTInidn0823078802
Thesis advisorYUNI, MARIYATInidn0806068802
Uncontrolled Keywords: LKS, Saintifik , Pemecahan Masalah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: DEVI MARTIKASARI
Date Deposited: 19 Sep 2021 10:31
Last Modified: 19 Sep 2021 10:31
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3394

Actions (login required)

View Item View Item