PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA 7 SUBTEMA 1 DI SEKOLAH DASAR

RAHMAWATI, RAHMAWATI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA 7 SUBTEMA 1 DI SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Similarity Check.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema 7 subtema 1 di SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang dirancang dengan menggunakan penelitian Quasi Eksperimen Design. Jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 48 peserta didik yang terdiri dari kelas IVA dengan jumlah 24 peserta didik dan kelas IVB dengan jumlah yang sama yaitu 24 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan tehnik sample jenuh yang merupakan pengambilan sampel dengan menjadikan bagian dari anggota populasi untuk dijadikan sampel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berjumlah 48 peserta didik yang terbagi di dua kelas yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dan kelas IVB sebagai kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dengan jumlah peserta didik masing-masing 24 peserta didik dalam satu kelas. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan tehnik tes dan nontes. Tehnik tes menggunakan tes tertulis berbentuk pilihan ganda dan tehnik nontes menggunakan dokumentasi berupa foto, dan observasi keterlaksanaan pembelajaran. Sebelum melaksanakan penelitian instrumen tes diuji coba terlebih dahulu di kelas V SDN 2 Kuranji kemudian dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Selanjutnya, untuk uji hipotesis dilakukan dengan uji-t independent samples t-test, namun sebelum dilakukannya uji-t dilakukan terlebih dahulu uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas data. Berdasarkan hasil perolehan data uji hipotesis dengan menggunakan uji-t independent samples t-test diperoleh nilai t_hitung=4,484 sedangkan taraf signifikan 5% untuk t_tabel=1,678 yang artinya t_hitung > t_tabel dan dilihat dari hasil sig (2-tailed) yaitu 0,000 yang artinya <0,05. Sesuai dengan ketentuan kriteria uji-t independent samples t-test bahwa H_0 ditolak dan H_a diterima sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperattif tipe scramble terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema 7 subtema 1 di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHAIFATURRAHMAH, HAIFATURRAHMAHnidn0804048501
Thesis advisorSUKRON, FUJIATURRAHMANnidn0827079002
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble, Hasil Belajar
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Pengetahuan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: RAHMAWATI RAHMAWATI
Date Deposited: 11 Sep 2021 22:17
Last Modified: 11 Sep 2021 22:17
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2860

Actions (login required)

View Item View Item