PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SEKOLAH DASAR

SRI, AFRIZAL (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
COVER-BAB III.pdf

Download (914kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (751kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
50%PENGEMBANGAN_PERANGKAT_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_BER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Etnomatematika dapat menjembatani antara budaya dan pendidikan, khususnya pendidikan matematika. Dalam bidang pendidikan matematika, etnomatematika masih merupakan kajian yang baru dan berpotensi sangat baik untuk dikembangkan menjadi inovasi pembelajaran kontekstual sekaligus mengenalkan budaya Indonesia kepada siswa sehingga bidang etnomatematika dapat digunakan sebagai pusat proses pembelajaran dan metode pengajaran, walaupun masih relatif baru dalam dunia pendidikan. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang valid, efektif dan parktis. Penelitian ini termaksud penelitian pengembangan (Development research) media pembelajaran matematika berbasis etomatematika yang dari Borg and Gall dengan instrument pengumpulan data yaitu lembar observasi, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis data untuk ahli validasi media dan materi, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan media. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan seperti pengembangan Silabus, diperoleh data dari 2 validator ahli dan 3 validator praktisi dengan persentase 90,17%, pengembangan RPP dengan persentase 89,76% pada kategori sangat valid, pada kategori sangat valid, pengembangan LKS dengan persentase 84,7% pada kategori valid, pengembangan Soal Tes hasil belajar dengan persentase 92,8% pada kategori sangat valid (2) Perangkat pembelajaran seperti LKS dan Soal Tes diperoleh data persentase dari respon siswa uji lapangan di kelas IV SD Negeri Nanga Na’e, dengan persentase 95,2% pada kategori sangat praktis (3) Keefektifan perangkat pembelajaran dilihat dari hasil siswa mengerjakan soal tes hasil belajar dan diperoleh data hasil uji lapangan di kelas IV SD Negeri Nanga Na’e, dengan persetase rata-rata nilai siswa 75,3 pada kategori sangat efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorINTAN DWI, HASTUTInidn0823078802
Thesis advisorSUKRON, FUJIATURRAHMANnidn0827079002
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran matematika, Etnomatematika, Hasil Belajar
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 107 Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: SRI AFRIZAL
Date Deposited: 31 Aug 2021 04:05
Last Modified: 31 Aug 2021 04:05
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2744

Actions (login required)

View Item View Item