PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATE READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV SDN INPRES O’O DONGGO TAHUN AJARAN 2020/2021

ASRI, AINUN (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATE READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV SDN INPRES O’O DONGGO TAHUN AJARAN 2020/2021. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V - LAMPIRANN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
PENGARUH_MODEL_PEMBELAJARAN_KOOPERATIF_TIPE_COOPER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Melalui model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition)adalah membentuk kelompok belajar siswa yang dapat meningkatkan kemampuan dan kerjasama siswa, sebab dalam pembelajaran ini guru memberikan kesempatan pada siswa untuk mempresentasekan hasil diskusi siswa yang dapat meningkatkan semangat siswa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Tujuan penelitian yang sudah dicapai oleh peneliti adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CIRC terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV SDN Inpres O’o Donggo tahun ajaran 2020/2021?. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen, sampel digunakan adalah 40 siswa terdiri dari kelas IVA 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan IV B 20 siswa sebagai kelas kontrol, yang Teknik pengumpulan data yaitu observasi, test dan dokumentasi. Uji coba instrument yang diguunakan adalah uji validitas, dan uji reabilitas, Analisis data menggunakan uji normaitas, uji homogenitas dan uji t dengan mengunakan rumus independen samplet-test. Hasil peneitian ini menunjukan bahwa hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS 20.00 for windows dengan menggunakan teknik uji Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai t_hitung≥ t_tabel (7.121≥ 2,024), dan nilai sig ≤ 0,05 (0.000 ≤ 0,05). Maka Ho ditolak dan Ha terima ya`ng berbunyi terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative integrate reading and composition (CIRC) terhadap kemampuan kognitif pada tema 1 Indahnya Kebersamaan pada kelas IV SDN Inpres O’o Donggo Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorABDILLAH, ABDILLAHnidn0824048301
Thesis advisorSINTAYANA, MUHARDINInidn0810018901
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, CIRC, Hasil Belajar Kognitif
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: ASRIAINUN ASRIAINUN
Date Deposited: 25 Aug 2021 02:19
Last Modified: 25 Aug 2021 02:19
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2680

Actions (login required)

View Item View Item