Pengembangan LKS Berbasis Etnosains Pada Muatan IPA Materi Gaya dan Gerak Kelas IV Sekolah Dasar

GUNAWANSYAH, GUNAWANSYAH (2021) Pengembangan LKS Berbasis Etnosains Pada Muatan IPA Materi Gaya dan Gerak Kelas IV Sekolah Dasar. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
pdf cover-bab3_4.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V pdf.pdf

Download (182kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS Berbasis Etnosains Pada Muatan IPA Materi Gaya dan Gerak Kelas IV Sekolah Dasar, yang valid dan praktis. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari lembar angket validasi dan lembar angket respon siswa, penelitian ini mengarah pada model pengembangan Borg & Gall sampai tahap ketujuh yang terdiri dari: (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, ((3) pengembangan draft produk awal, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi hasil uji coba, (6) uji lapangan produk utama, (7) revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKS berbasis etnosains dengan skor rata rata dari validator 92,8% berada pada kategori valid, hasil angket respon siswa pada uji coba kepraktisan di SDN Mesoran dengan presentase 88% (sangat praktis). Berdasarkan hasil penelitian Pengembangan Lks Berbasis Etnosains Pada Muatan IPA Materi Gaya dan Gerak ini sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran disekolah.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerNANANG, RAHMANnidn0824038702
ReviewerNURSINA, SARInidn0825059102
Uncontrolled Keywords: LKS, Etnosains, Gaya & Gerak
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Pengetahuan
000 Karya Umum > 002 Buku
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: GUNAWANSYAH GUNAWANSYAH
Date Deposited: 23 Mar 2021 09:46
Last Modified: 23 Mar 2021 09:46
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2409

Actions (login required)

View Item View Item