HUBUNGAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN MELALUI KEGIATAN LITERASI MEMBACA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK KELAS V SDN 38 MATARAM

AIMAN, AIMAN (2021) HUBUNGAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN MELALUI KEGIATAN LITERASI MEMBACA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK KELAS V SDN 38 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
COVER-BAB III_AIMAN_NIM 116180001_PGSD.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV_AIMAN_NIM 116180001_PGSD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V-LAMPIRAN_AIMAN_NIM 116180001_PGSD.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pemahaman Nilai-nilai Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn) pada peserta didik kelas V di SDN 38 Mataram masih rendah, oleh karena itu perlu adanya solusi yang bisa meningkatkan Pemahaman Nilai-nilai Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam hal ini bisa dilakukan dengan kegiatan literasi membaca tentang pemahaman nilai-nilai Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemahaman nilai-nilai Pancasila dan Kewarganegaraan melalui kegiatan literasi membaca untuk meningkatkan karakter disiplin peserta didik kelas V SDN 38 Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Metode pengumpulan data dalam peneltian ini yaitu angket dan dokumentasi. Instrument dalam penelitian ini adalah. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pemahaman nilai-nilai Pancasila dan Kewarganegaraan melalui kegiatan literasi membaca. Sedangkan variabel terikat adalah karakter disiplin peserta didik kelas V SDN 38 Mataram. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa, Ada hubungan pemahaman nilai-nilai pancasila dan kewarganegaraan melalui kegiatan literasi membaca untuk meningkatkan karakter disiplin peserta didik kelas V SDN 38 Mataram”. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang dilakukan peneliti berdasarkan dar hasil perbandingan thitung dengan ttabel yaitu 3,042 > ttabel 1,435 dengan taraf signifikan 5%, yang menyebabkan H_0 ditolak.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerMAEMUNAH, MAEMUNAHnidn0802056801
ReviewerSUKRON, FUJIATURRAHMANnidn0825059102
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Nilai-nilai PKn, Kegiatan Literasi Membaca, dan Karakter Disiplin
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: AIMAN AIMAN
Date Deposited: 23 Mar 2021 02:00
Last Modified: 23 Mar 2021 02:00
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2359

Actions (login required)

View Item View Item