BUHARI, BUHARI (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V DI SDN 2 B0RO. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III.pdf Download (51MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (915kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Salah satu upaya untuk memfasilitasi perkembangan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar, maka dibutuhkan suatu model pembelajaran yaitu Creative problem solving. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran creative problem solving (CPS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada materi perubahan lingkungan di SDN 2 Boro. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment. Metode pengumpulan data dalam peneltian ini yaitu, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa, “Model pembelajaran creative problem solving (CPS) efektif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada materi perubahan lingkungan di SDN 2 Boro”. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang dilakukan peneliti berdasarkan dar hasil perbandingan thitung dengan ttabel yaitu 19,038 > 2,070 dengan taraf signifikan 5%, yang menyebabkan ditolak.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Creative problem solving (CPS), Kemampuan Berpikir kritis | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) | |||||||||
Depositing User: | BUHARI BUHARI | |||||||||
Date Deposited: | 20 Mar 2021 03:17 | |||||||||
Last Modified: | 20 Mar 2021 03:17 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2262 |
Actions (login required)
View Item |