NURILAHI, NURILAHI (2020) PERAN GURU FIQIH DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SHALAT SISWA MI RAUDHATUSSIBYAN NW BELENCONG KECAMATAN GUNUNG SARI KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2019. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
cover-babIII.pdf Download (780kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (849kB) |
Abstract
Menjadi seorang guru adalah suatu profesi yang mulia, guru tidak hanya sebatas menyampaikan materi pembelajaran akan tetapi menjadi seorang guru memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menjalankan perannya sebagai pendidik yang mengutamakan pembinaan sikap perilaku dan kedisiplinan peserta didik. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah banyaknya siswa yang tidak disiplin melaksanakan Ibadas Shalat, pada dasarnya MI Raudhatussibyan NW Belencong dalam membinake disiplinan shalat siswa telah dilaksanakan salah satu bentuknya adalah dengan memberi teladan, namun masih ada siswa masih melanggar peraturan kedisiplinan shalat seperti siswa datang terlambat di pagi hari sehingga ketinggalan untuk melaksanakan shalat berjamaah, bermain-main sehingga sholat menjadi terganggu, kesalahan dalam bacaan dan gerakan shalat bahkan siswa diam-diam bolos sekolah agar tidak melaksanakan shalat secara bersama di madrasah. Pembahasan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana peran guru fiqih dalam membina kedisiplinan shalat siswa MI Raudhatussibyan NW Belencong, (2) apa saja strategi guru fiqih dalam membina kedisiplinan shalat siswa MI Raudhatussibyan NW Belencong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif adapun alat pengumpulan data adalah observasi, wawancara dokumentasi. Dalam analisis data digunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu analisis data yang menekankan pada makna penalaran, definis iatau situasi tertentu serta menggambarkan apa adanya mengenaio bjek yang sedang diteliti. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran dan strategi guru fiqih dalam membina kedisiplinan siswa MI Raudhatussibyan NW Belencong kecamatan gunung sari kabupaten Lombok barat tahun ajaran 2019. Kesimpulan dan saran. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini (1).Peran guru fiqih dalam membina kedisiplinan shalat siswa yaitu; memberi teladan, penerapan pembiasaan, menekankan kedisiplinan, memeberi motivasi dan memberi hadiah dan hukuman, (2) strategi guru fiqih dalam membina kedisiplinan shalat siswa yaitu; penerapan pendekatan pembiasaan, melalui bimbingan khusus dan pemberian hukuman. Saran dalam penelitian ini guru hendaknya meningkatkan perhatian terhadap kegiatan-kegiatan di madrasah, terutama kegiatan pembinaan kedisilinan shalat. Kata Kunci: Peran Guru, Fiqih, Membina Kedisiplinan Shalat Siswa
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Fiqih, Membina Kedisiplinan Shalat Siswa | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Mariana Rahmawati | |||||||||
Date Deposited: | 05 Oct 2020 04:30 | |||||||||
Last Modified: | 05 Oct 2020 04:30 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1514 |
Actions (login required)
View Item |