EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI PENYAJIAN DATA DI SDN 20 AMPENAN

WIDYA, SULASTRI (2020) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI PENYAJIAN DATA DI SDN 20 AMPENAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III WIDYA.pdf

Download (664kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masih Terlaksananya proses pembelajaran yang baik ditentukan oleh model pembelajaran yang mampu menarik minat belajar siswa. Model pembelajaran yang kurang menarik cenderung membuat siswa menjadi cepat bosan dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Teournament terhadap hasil belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan bentuk pretest and posttest only. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas V, sedangkan sampel yang dipilih adalah kelompok kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelompok kelas VB sebagai kelas kontrol. Kedua sampel ini ditentukan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data mengenai kemampuan perbedaan hasil belajar diambil dengan menggunakan instrument pretest-postest dalam bentuk soal essay. Sebelum menganalisis lebih lanjut hasil pretest-postest, kedua kelas terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa = 18.402> = 1,697 yang berarti Ho ditolak, sehingga terdapat perbedaan antara hasil belajar materi penyajian data pada kelas eksperimen maupun kontrol atau dengan kata lain terdapat efektivitas model model pembelajaran teams games teournament terhadap hasil belajar siswa. Hal ini mengindikasikan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran teams games mungkinkan proses pembelajaran menjadi lebih menarik serta mampu menghilangkan rasa bosan siswa sehingga siswa mencapai hasil belajar yang lebih baik. Kata Kunci:Teams Games Teournament, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerINTAN, DWI HASTUTINIDN0823078802
ReviewerYUNITA, SEPTRIANA ANWARNIDN0850904101094
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci:Teams Games Teournament, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Iskandar Iskandar
Date Deposited: 25 Sep 2020 02:21
Last Modified: 25 Sep 2020 02:21
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1442

Actions (login required)

View Item View Item