PROBLEMATIKA PENGUASAAN TIK (TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI)GURUDALAM PEMBELAJARAN DI MI AN-NAJAH SESELA KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2018-2019

Masita, Masita (2019) PROBLEMATIKA PENGUASAAN TIK (TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI)GURUDALAM PEMBELAJARAN DI MI AN-NAJAH SESELA KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2018-2019. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas Problematika Penguasaan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Guru dalam Pembelajaran di MI An-Najah Sesela Kabupaten Lombok Barat. Meliputi problem yang dialami guru dalam penguasaa TIK dan upaya yang dapat dilakukan sekolah. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Problematika yang dihadapi guru dalam penguasaan TIK pada pembelajaran di di MI An-Najah Sesela Kabupaten Lombok Barat yaitu: a) Kemampuan dasar guru dalam bidang TIK masih kurang. b) Ketersediaan fasilitas TIK belum memadai. c)Sekolah tidak mengharuskan guru menggunakan TIK dalam proses pembelajaran. d) Keterbatasan waktu untuk mempersiapkan media TIK. e) Anggapan guru materi yang ada di buku sudah cukup f) Kenyamanan guru menggunakan metode belajar konvensional, yang dianggap lebih mudah dan tidak menyulitkan. g)Tidak adanya kegiatan pelatihan-pelatihan bagi guru untuk meningkatkan kemampuan guru dalam bidang TIK. (2) Upaya sekolah sebagai Solusi yang bisa dilakukan dalam mengatasi masalah-masalah yang dialami guru dalam penguasaan TIK pada pembelajaran di MI An-Najah Sesela Kabupaten Lombok Barat diantaranya adalah sebagai berikut: a) Pemberian fasilitas yang lengkap bagi setiap guru. b) Pemberian fasilitas TIK yang menunjang pembelajaran disetiap ruang kelas. c) Melaksanakan program pelatihan rutin dalam bidang TIK kepada para guru, d) Melaksanakan kegiatan pelatihan tentang metode pembelajaran yang efektif dan efisien dibandingkan dengan metode konvensional yang selama ini diterapkan. Upaya Sekolah sebagai solusi yang terpenting adalah pelaksanaan pelatihan-pelatihan bagi guru dalam memanfaatkan TIK untuk pembelajaran, sehingga guru memiliki kemampuan yang bagus dalam bidang TIK. Dan pengadaan fasilitas juga sangat penting, karena kemampuan guru yang bagus tentang penggunaan media elektronik akan percuma jika fasilitasnya tidak tersedia dan sebaliknya. Temuan tersebut memberikan acuan bagi lembaga pendidikan untuk lebih dapat meningkatkan pelaksanaan pendidikan karakter.Kemudian untuk pemerintah, semoga dapat dijadikan keterangan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah jangan hanya dijadikan retorika semata, namun harus ada tindak lanjut yang pasti dan bermanfaat. Kata kunci : Problematika Penguasaan TIK, Guru MI An-Najah Sesela

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerAqodiah, AqodiahUNSPECIFIED
ReviewerMardiyah, HayatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Repository Institusi UMMAT
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah
Depositing User: Mariana Rahmawati
Date Deposited: 30 Nov 2019 04:13
Last Modified: 30 Nov 2019 04:13
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/140

Actions (login required)

View Item View Item