EFEKTIVITAS MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS II DI SD „AISYIYAH 1 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2020

MAR'ATUS, SHOLIHAH (2020) EFEKTIVITAS MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS II DI SD „AISYIYAH 1 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2020. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (964kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (402kB)

Abstract

Mar‟atus Sholihah, Nim 716120011 “Efektivitas Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas II Di SD „Aisyiyah 1 Mataram Tahun Ajaran 2019-2020”. Pembelajaran Bahasa Arab sudah sejak lama diterapkan didalam dunia pendidikan anak Sekolah Dasar. Tetapi yang sering menjadi permasalahan adalah kurang adanya minat belajar pada siswa dikarenakan beberapa faktor salah satunya adalah Bahasa Arab bukanlah merupakan bahasa ibu, sehingga membuat peserta didik kesulitan didalam memahami arti dan maksudnya. Dan yang terjadi pembelajaran itu malah bersifat teacher centered. Teacher Centered maksudnya yaitu siswa hanya menerima materi, menulis, dan mengikuti semua yang dilakukan oleh guru, akibatnya pembelajaran hanya bersifat Verbalisme ( bersifat hafalan ). Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian terkait tentang bagaimana efektifitas dari penggunaan media audio visual dalam meningkatkan minat belajar Bahasa Arab dikelas II di SD „Aisyiyah 1 Mataram. Penelitan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) dengan diadakannya dua siklus, yang mana setiap siklusnya terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dan untuk mengetahui nilai rata-rata dari minat belajar siswa, dapat dianalisis dengan rumus ∑ dan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa, data dapat dianalisis dengan rumus . Hasil dari siklus I dan II adalah adanya peningkatan minat belajar siswa dengan penggunaan media audiovisual, yang dapat dilihat dari skor rata-rata siklus I ke siklus II, yaitu 68.30 pada siklius I menjadi 81.38 pada siklus II, serta dilihat juga dari presentase hasil belajar pada siklus I sebesar 53% menjadi 83% pada siklus II. Berdasarkan analisis data yang dilakukan oleh peneliti, diperolehnya kesimpulan bahwa penggunaan media audio visual sangat efektif untuk meningkatkan minat belajar Bahasa Arab dikelas II SD „Aisyiyah 1 Mataram Pada Tahun pelajaran 2020. Yang mana dari siklus I ke siklus II adanya peningkatan dari minat belajar siswa yang diteliti. Kata Kunci : Minat Belajar Bahasa Arab, Penggunaan Media Audiovisual .

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerMARDIYAH, HAYATI0802096701
ReviewerAQODIAH, AQODIAH0815027401
ReviewerUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
ReviewerUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Minat belajar bahasa arab dan penggunaan media audio visual
Subjects: 200 Agama > 2X7 Filsafat dan Pengembangannya
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah
Depositing User: Erwin Asidah
Date Deposited: 21 Sep 2020 02:44
Last Modified: 21 Sep 2020 02:44
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1322

Actions (login required)

View Item View Item