UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA MATERI HIDROSFER MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORYINTELECTUALLY REPETITION PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018-2019

Anita, Anita (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA MATERI HIDROSFER MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORYINTELECTUALLY REPETITION PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018-2019. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Mataram" not defined].

[img] Text
CAVER-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Rendahnyamotivasi dan partisipasi belajar siswa dirasakan di SMA Muhammadiyah Mataram.Hal ini terlihat ketika guru menjelaskan materi pelajaran, tampak siswa kurang tertarik mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru.Kondisi tersebut salah satunya mungkin disebabkan oleh metode mengajar yang digunakan oleh guru, atau kurangnya media pembelajaran dan kurangnya guru dalam mengembangkan bahan pembelajaran. Guru hanya menggunakan metode ceramah, dengan diselingi tanya jawab yang minim, sehingga hal ini membuat para siswa cepat bosan dan kurang terlibat dalam kegiatan pembelajaran pertanyaan yang timbul adalah bagaimana guru menciptakan pembelajaran yang optimal dengan komunikasi multi arah, meningkatkan pemecahan masalah, meningkatkan minat belajar, dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan dilaksanakanya penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Auditory Intelectually Repetitionpada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Mataram. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SMA muhammadiyah Mataram di kelas X IPS yang berjumlah 17 siswa yang terdiri dari perempuan dan laki-laki. Penerapan metode pembelajaran Auditori Intelectually Repetitiondilaksanakan dengan dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2 denga tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), refleksion (refleksi). Berdasarkan hasil observasi pembelajaran siklus 1 sebesar 5 siswa yang tuntas dengan hasil persentase 40% dari 17 siswa. Sedangkan pada siklus ke 2 sudah 16 siswa yang tuntas dengani persentase yang sudah tercapai oleh siswa sebesar 80% dan sudah memenuhi standar penilaian yang sudah ditetapkan. Kata kunci :Hasil Belajar, Model Pembelajaran dan Auditory Intelectually Repetition

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerAgus, HeriantoUNSPECIFIED
ReviewerArif, ArifUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Repository UMMAT
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Wahyuni Wahyuni
Date Deposited: 30 Nov 2019 02:57
Last Modified: 30 Nov 2019 02:57
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/127

Actions (login required)

View Item View Item