ROSMAYANA, ROSMAYANA (2020) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA PETAK PERSEGI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR PADA KELAS IV SD NEGERI 3 BATU KUMBUNG TAHUN PELAJARAN 2020. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III_ROSMAYANA_NIM 116180084_PGSD.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB IV_ROSMAYANA_NIM 116180084_PGSD.pdf Restricted to Registered users only Download (565kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN_ROSMAYANA_NIM 116180084_PGSD.pdf Download (4MB) |
Abstract
Alat peraga petak persegi adalah alat peraga pembelajaran matematika yang digunakan untuk menjelaskan konsep keliling dan luas bangun datar. Keunggulan dengan menggunakan alat peraga petak persegi adalah siswa akan tertanam konsep yang konkret dalam memahami keliling dan luas bangun datar khusus bangun datar persegi,persegi panjang dan segi tiga. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga petak persegi satuanterhadap hasil belajar matematika materi keliling dan luas bangun datar pada kelas IV SD Negeri 3 Batu Kumbung.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan tipe Nonequivalent Control Group Design.Penelitian dilakukan terhadap dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol dan sampel peneltian adalah siswa kelas IV-A 10 orang sebagai kelas kontrol dan siswa kelas IV-B 10 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi dengan uji instrument yaitu validitas, reliabilitas, tingkatkesukaran dan daya pembeda.Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh penggunaan alat peraga petak persegi terhadap hasil belajar matematika materi keliling dan luas bangun datar pada kelas IV SD Negri 3 Batu Kumbung tahun ajaran 2020/2021 dengan dapat dilihat dari rata-rata nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 83,80, pada kelas kontrol IV B dengan rata-ratanya yaitu 72,30. Jadi pembandingnya nirai rata-rata kelas eksperimen IV A dengan kelas kontrol IV B perbandingnya adalah 11,05% dan juga dari uji Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai t_hitung≥ 〖 t〗_tabel (2,908≥ 2,101), dan nilai sig ≤ 0,05 (0.009 ≤ 0,05). Maka Ho ditolak dan Ha terima. Kata kunci: Alat peraga petak persegi, Hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Alat peraga petak persegi, Hasil belajar siswa | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) | |||||||||
Depositing User: | Ridwan Ridwan | |||||||||
Date Deposited: | 17 Sep 2020 02:57 | |||||||||
Last Modified: | 17 Sep 2020 02:57 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1258 |
Actions (login required)
View Item |