Nurul, Wahidah (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE JIGSAW TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS V B MI AN-NAJAH SESELA KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2019. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Mataram" not defined].
Text
COVER-BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Dalam pembelajaran akidah akhlak siswa kelas V B Madrasah Ibtidaiyah An-Najah Desa Sesela, siswa terlihat kurang aktif dan motivasi belajar siswa kurang. Dikarenakan metode yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran kurang berpariasi. Walaupun guru telah menerapkan metode berkelompok atau diskusi, akan tetapi belum menggunakan model pembelajaran Jigsaw, dan berpengaruh pada aktivitas keaktifan belajar. Dalam kondisi diatas memotivasi peneliti untuk mencari solusi dengan penerapan model pembelajaran Jigsaw. Model pembelajaran jigsaw berpengaruh pada keaktifan belajar siswa, dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatife tipe jigsaw dalam pembelajaran akidah akhlak pada siswa kelas V B di MI An-Najah Desa Sesela semester genap Tahun Ajaran 2019? 2. Bagaimanakah keaktifan belajar akidah akhlak pada siswa kelas V B dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw di MI An-Najah Desa Sesela semester genap Tahun Ajaran 2019? Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V B MI An-Najah Desa Sesela Kecamatan Gunungsari Tahun Ajaran 2019 yang berjumlah 19 siswa. Pengumpulan data diperoleh dengan lembar observasi guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukan adanya Peningkatan keaktifan belajar siswa pada siklus I dalam penelitian ini menunjukan kriteria keaktifan belajar siswa cukup nampak yang dimana pada siklus I persentasi keaktifan belajar siswa 54% . meskipun pada pelaksanaan pada siklus I sudah cukup nampak namun masih banyak hal yang harus diperbaiki pada siklus I. Selanjutnya pada siklus II setelah dilakukan perbaikan siklus I oleh peneliti terdapat peningkatan. Pada pelaksanaan siklus II memperoleh persentase keaktifan belajar siswa 79% dengan kriteria keaktifan belajar sangat nampak, Terlihat sangat jelas pada siklus II mengalami peningkatan. Hasil ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan keaktifan belajar akidah akhlak pada siswa kelas V B MI An-Najah Desa Sesela Kecamatan Gunungsari Tahun Ajaran 2019. Kata Kunci: Peningkatan Belajar, Akidah Akhlak, Kooperatife Jigsaw
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Repository Institusi UMMAT | |||||||||
Subjects: | 200 Agama > 2X5 Akhlaq dan Tasawuf | |||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Ridwan Ridwan | |||||||||
Date Deposited: | 30 Nov 2019 01:25 | |||||||||
Last Modified: | 30 Nov 2019 01:25 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/114 |
Actions (login required)
View Item |