MURTISARI, DWI UTAMI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penguatan Profil Pancasila Berbantuan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Pendekatan yang digunakan daalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan tipe nonequevalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV A dan siswa kelas IV B di SDN 15 Mataram berjumlah 40 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa. Sampel yang dipilih yakni 20 siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil rata-rata yang ditunjukkan oleh kelas eksperimen pada pre-test sebesar 64,2 dan setelah dilakukan pos-test meningkat menjadi 79,4 untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata dari pre-test sebesar 44,1 dan pos-test mengalami peningkatan menjadi 50,4. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS 21 for windows menunjukkan angka yang signifikan antara nilai pre-test dengan post-test dengan nilai signifikansi 2-tailed (Two-Sidded p) = 0,000<0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Profil Pelajar Pancasila, Model Pembelajaran Problem based learning(PBL), Kemampuan Berpikir Kreatif | |||||||||
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 602 Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Murtisari Dwi Utami | |||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2025 02:30 | |||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2025 02:30 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10937 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |