PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III DI SDN 27 MATARAM

RINI, ANGGRIANI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III DI SDN 27 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pengaruh model pembelajaran scramble terhadap kemampuan menyusun kalimat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran scramble terhadap kemampuan menyusun kalimat pada pembelajaran bahasa indonesia siswa kelas III di SDN 27 Mataram. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi experimental design nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 27 Mataram. Populasi yang digunakan dalam peneitian ini yaitu seluruh siswa kelas III yang berjumlah 32 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah sampel kelas eksperimen sebanyak 16 siswa dan sampel kelas kontrol sebanyak 16 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan hasil uji t yang dilakukan thitung = 2,254 sedangkan ttabel = 2,048 karena thitung > ttabel, maka Ha diterima da Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran scramble berpengaruh terhadap kemampuan menyusun kalimat pada

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSYAHFRUDDIN, MUHDARnidn0813078701
Thesis advisorSUKRON, FUJIATURRAHMANnidn0827079002
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Scramble, Kemampuan Menyusun Kalimat Siswa SD
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Rini Anggriani
Date Deposited: 14 Feb 2025 07:16
Last Modified: 14 Feb 2025 07:16
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10696

Actions (login required)

View Item View Item