SAHMAN, SAHMAN (2024) ANALISA PARKIR PADA BADAN JALAN TERHADAP KINERJA LALU LINTAS DI JALAN TGH. IBRAHIM AL-KHALIDY PASAR UMUM KEDIRI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
File similarity.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
COVER, ABSTRAK, BAB I, BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pada umumnya kemacetan lalu lintas pada kota-kota besar sudah menjadi pembahasan utama dan menjadi masalah utama, salah satu penyebapnya kendaraan yang parkir di badan jalan yang mengakibatkan kemacetan jalan raya, terutama di area pasar umum yang berdekatan dengan jalan raya yang masih menggunakan badan jalan sebagai tempat parkir yang menyebabkan kemacetan lalu lintas. Salah satu ruas jalan di Kediri yang mengalami kemacetan akibat parkir pada badan jalan yang menjadi lokasi penelitian adalah Pasar Umum di Jalan TGH. Ibrahim Al-Khalidy Kediri yang tergolong jalan arteri nasional/primer. Metode penelitian yang digunakan adalah peraturan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) Tahun 1997. Dalam penelitian ini digunakan Analisis Kuantitatif yaitu analisis karakteristik parkir dan lalu lintas, Analisis Dampak Parkir Terhadap Kinerja Lalu Lintas, dan Analisis kualitatif, yang meliputi kondisi fisik penelitian (kondisi parkir), dan penggunaan lahan yang ada di sekitar Jalan TGH. Ibrahim Al-Khalidy pasar umum Kediri. Sedangkan untuk alat survey yang digunakan adalah roll meter, meteran, Aplikasi traffic counter, dan stopwatch. Hasil penelitian di Jalan TGH. Ibrahim Al-Khalidy pasar umum Kediri untuk kebutuhan lahan parkir yang diperoleh pada hari minggu seluas 8148,19 m2, dan pada hari sabtu seluas 5804,07 m2. Kinerja ruas jalan yang di peroleh pada hari minggu dikategorikan memiliki rasio terhadap kapasitas jalan atau nilai derajat kejenuhan berada pada 0,73 , Tingkat pelayanan jalan D, yang artinya lalu lintas jenuh, kecepatan mulai rendah, dan pada hari sabtu derajat kejenuhan 0,65, tingkat pelayanan jalan C, yang artinya Lalu lintas ramai, kecepatan terbatas. Tingkat kepadatan lalu lintas tertinggi yang di peroleh pada hari minggu 137,16 Kend/Km dan pada hari sabtu 58,53 Kend/Km.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Parkir, Kemacetan, Derajat Kejenuhan, Tingkat Pelayanan, Kepadatan. | |||||||||
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil | |||||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Sahman Sahman | |||||||||
Date Deposited: | 24 Sep 2024 02:56 | |||||||||
Last Modified: | 24 Sep 2024 02:56 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10271 |
Actions (login required)
View Item |